Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Terbang Ke Korsel, Jokowi Akan Hadiri 12 Pertemuan Penting

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 25 November 2019, 08:52 WIB
Terbang Ke Korsel, Jokowi Akan Hadiri 12 Pertemuan Penting
(kiri ke kanan) Dubes RI untuk Korsel, Menlu, dan Dirjen Kerja Sama ASEAN/Setkab
rmol news logo Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama Ibu Negara Iriana dijadwalkan menghadiri pertemuan tingkat tinggi (KTT) ASEAN dan Republic of Korea (Korea Selatan) di Busan, Korsel.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Seperti disampaikan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi yang ikut mendampingi Jokowi, nantinya presiden akan melakukan 12 pertemuan penting di sela-sela KTT ASEAN-RoK pada Senin (25/11) dan Selasa (26/11). Demikian keterangan tertulis yang disampaikan Sekretariat Kabinet dalam laman resminya.

"Yang pertama adalah dalam rangka menghadiri KTT ASEAN-RoK. KTT ini merupakan KTT untuk memperingati 30 tahun hubungan ASEAN dengan RoK. Jadi, ini adalah Commemorative Summit antara ASEAN dan RoK. Dan kedua, tentunya akan ada acara bilateral antara Bapak Presiden dengan Presiden Moon Jae-in yang akan dilakukan esok hari," ujar Retno di Lotte Hotel, Busan, Minggu petang (24/11).

Lebih rinci, menurut Retno, ada 6 pertemuan yang akan dilakukan pada Senin dan 6 lagi pada keesokan harinya. Untuk hari Senin, pertama Jokowi dijadwalkan akan melakukan pertemuan dengan para ilmuan dan peneliti Indonesia, kedua ikut melakukan peninjauan pameran inovasi pelayanan publik di mana Indonesia ikut berpartisipasi dalam pameran tersebut.

Ketiga, Jokowi akan menghadiri ASEN-RoK CEO Summit di mana presiden akan menjadi pembicara. Dilanjutkan dengan melakukan Working Luncheon dengan beberapa CEO terpilih dari Korea Selatan. Lalu, Jokowi akan melakukan pertemuan bilateral dengan Moon untuk menandatangani beberapa kesepakatan.

"Ada 3 kesepakatan yang akan ditandatangani di depan kedua presiden. Yang pertama, mengenai selesainya negosiasi konferensi ekonomi partnership antara Indonesia dengan RoK. Yang kedua, bebas visa untuk pemegang paspor diplomatik dan dinas. Dan ketiga adalah MoU mengenai Technical Cooperation on the Construction of the Relocated Capital dan Development," jelas Retno seraya menambahkan di malam harinya, Jokowi dan Iriana akan ikut menghadiri Welcoming Dinner.

Sedangkan untuk jadwal Selasa, Jokowi akan menghadiri 3 sesi ASEAN Summit. Selain itu, Jokowi akan melakukan peninjauan ASEAN-RoK Startup Summit. Kemudian ASEAN-RoK Innovation Showcase 2019 dan kunjungan ke Hyundai di Ulsan.

Selain Retno, dalam rombongan Jokowi juga ada Duta Besar RI untuk Korea Selatan Umar Hadi dan Dirjen Kerja Sama ASEAN Jose Antonio Morato Tavares. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA