Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Meski Kekayaan Lautnya Melimpah, Satu Dari Tiga Balita Di Indonesia Alami Gagal Tumbuh

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Senin, 25 November 2019, 23:31 WIB
Meski Kekayaan Lautnya Melimpah, Satu Dari Tiga Balita Di Indonesia Alami Gagal Tumbuh
Menteri KKP Edhy Prabowo saat hadiri acara safari gemarikan/RMOL
rmol news logo Di tengah kekayaan perairan laut yang dimiliki, ternyata masyarakat Indonesia masih banyak yang menghadapi permasalahan gizi.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (2018) yang dilakukan oleh Kementerian Kesehatan, salah satu permasalahan gizi di Indonesia yaitu pertumbuhan stunting atau hambatan pertumbuhan tubuh (30,8 persen).

“Artinya, satu dari tiga Balita di Indonesia mengalami gagal tumbuh akibat kekurangan gizi kronis,” ujar Menteri Perikanan dan Kelautan Edhy Prabowo saat melakukan Safari Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Junior High Global Islamic School (GIS), Jakarta Timur, Senin (25/11).

Stunting tidak hanya berpengaruh pada penurunan produktivitas namun juga berdampak pada penurunan kecerdasan dan mengakibatkan kerentanan terhadap penyakit.

Untuk itu, dalam kesempatan tersebut Menteri Edhy mengajak para siswa untuk gemar mengonsumsi ikan. Para orang tua siswa yang hadir pun juga diminta untuk menyediakan menu makanan sehat bagi keluarganya.

“Ikan ini mengandung protein, Omega 3 (EPA dan DHA), mineral, dan banyak vitamin yang tidak hanya baik bagi pertumbuhan tubuh, tetapi juga kecerdasan otak," kata Edhy.

Oleh karena itu, Edhy mengajak para siswa agar menyukai ikan dan menjadikan ikan sebagai menu wajib sehari-hari.

Menteri pengganti Susi Pudjiastuti ini juga menyebut, kandungan gizi pada ikan jauh lebih baik daripada kandungan pada daging merah dan ayam. Selain itu, harganya juga jauh lebih murah.

"Mengonsumsi ikan dapat mendukung program pemerintah dalam hal perbaikan gizi masyarakat," tutup Edhy.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA