Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sumber Daya Laut Harus Dimanfaatkan Sebagai Penggerak Perekonomian Nasional

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Selasa, 26 November 2019, 03:33 WIB
Sumber Daya Laut Harus Dimanfaatkan Sebagai Penggerak Perekonomian Nasional
Menteri Edhy Prabowo saat kegiatan safari Gemarikan/RMOL
rmol news logo Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo terus melakukan kampanye Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan).

Seperti yang dilakukannya hari ini dengan melakukan Safari di Junior High Global Islamic School (GIS), Jakarta Timur, Senin (25/11).

Kegiatan tersebut juga dihelat dalam rangka peringatan Hari Guru Nasional melalui kegiatan Parent’s Teaching dan masih dalam suasana Hari Ikan Nasional yang jatuh pada 21 November setiap tahunnya.

Mengawali paparannya, Menteri Edhy menyebut bahwa Indonesia memiliki potensi laut yang besar namun belum dimanfaatkan secara optimal.

Selain itu, Indonesia juga memiliki luas perairan 6,4 juta km2 dan panjang garis pantai 108 ribu km. Dari hamparan perairan laut dan darat, Indonesia memiliki potensi lestari perikanan tangkap 12,54 juta ton/tahun.

Sementara di bidang budidaya, Indonesia memiliki potensi budidaya air tawar 2,83 juta Ha, budidaya air payau 2,96 juta hektare, dan budidaya laut 12,12 juta hektare.

Namun menurut Edhy, pemanfaatan ketiganya masih sangat rendah yaitu masing-masing 10,7 persen, 21,9 persen, dan 2,7 persen.

“Perairan kita juga kaya akan spesies ikan. Setidaknya terdapat 8.500 spesies ikan, 555 spesies rumput laut, dan 950 spesies biota terumbu karang,” jelas Menteri Edhy.

Selain potensi sumber daya hayati tersebut, Edhy menambahkan Indonesia juga memiliki potensi pengembangan wisata bahari, deep sea water, Ocean Thermal Energy Conversion/OTEC, bioteknologi, industri maritim, jasa kelautan, produksi garam dan turunannya, serta biofarmakologi laut.

“Kekayaan sumber daya kelautan dan perikanan beragam dan melimpah di hampir sebagian besar wilayah merupakan anugerah bagi Bangsa Indonesia," ujar Menteri pengganti Susi Pudjiastuti ini.

"Ini harus kita manfaatkan sebagai penggerak ekonomi nasional, penyedia lapangan kerja, penghasil devisa, serta pendukung terwujudnya ketahanan pangan dan gizi nasional,” pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA