Pengamat: Surya Paloh Harusnya Kasih Masukan, Bukan Ngledek Jokowi

Selasa, 26 November 2019, 03:54 WIB
Laporan: Angga Ulung Tranggana

Presiden Jokowi bersama Surya Paloh/Net

Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem) memberikan pernyataan setelah Presiden Jokowi mengangkat tujuh staf khususnya dari kalangan generasi milenial. Kata Surya Paloh, pengangkatan staf khusus tersebut terlihat seperti anak muda yang sedang magang di istana.

Direktur Eksekutif Nurjaman Center for Indonesian Democracy (NCID), Jajat Nurjaman mengatakan, seharusnya Partai Nasdem sebagai koalisi pemerintah harusnya mendukung kebijakan presiden.

“Kalaupun tidak mendukung, Partai Nasdem bisa memberikan saran sebagai langkah pencegahan. Masa iya saran dari Partai yang sudah dua periode menjadi pengusung dan pendukung enggak bisa jadi bahan pertimbangan Presiden,” tutur Jajat.

Komentar Surya Paloh mengenai staf khusus presiden terdengar seperti sebuah ledekan. Dan ini memberikan gambaran tentang kondisi Partai Nasdem dan Presiden Jokowi sudah tidak lagi memiliki keharmonisan.

“Kalau saya amati. Pernyataan Bang Surya ini seperti ngeledek,” lanjut Jajat.

Hal ini menunjukkan kalau presiden Jokowi tidak mampu merangkul dan menampung segala aspirasi terutama dari Partai koalisinya. Idealnya koalisi yang gemuk seharusnya memperkuat dan mempermudah Presiden Jokowi dalam menjalankan pemerintahannya.

Namun nyatanya, presiden Jokowi tidak mampu menjaga dan mempertahankan Partai koalisinya sehingga yang tercipta hanya kegaduhan yang berasal dari koalisi itu sendiri.

Kolom Komentar


Video

NOORCA M. MASSARDI: Ketika Karya | Puisi Hari Ini

Rabu, 15 Januari 2020
Video

Awal Tahun, Tiga Pengedar Narkoba Berhasil Dibekuk

Rabu, 15 Januari 2020
Video

NOORCA M. MASSARDI: Ketika Budaya | Puisi Hari Ini

Kamis, 16 Januari 2020