Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Agar Tidak Impor, Rachma Minta Menkes Terawan Bangun Industri Obat Mandiri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 27 November 2019, 23:33 WIB
Agar Tidak Impor, Rachma Minta Menkes Terawan Bangun Industri Obat Mandiri
Rachmawati Soekarnoputri/RMOL
rmol news logo Mens sana in corpore sano, dalam tubuh yang sehat ada jiwa yang kuat. Kutipan tersebut dilontarkan oleh Rachmawati Soekarnoputri ketika menjelaskan pentingnya ketahanan kesehatan bagi suatu bangsa.

Bertempat di Gedung Balai Sudirman, Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (27/11), Rachma mengatakan, untuk membangun sumber daya manusia yang unggul, Indonesia harus bisa meningkatkan derajat kehidupan masyarakatnya terlebih dahulu.

Usaha tersebut dapat dimulai dengan meningkatkan usia harapan hidup, kualitas kehidupan, serta kualitas pelayanan sitem dan fasilitas kesehatan yang baik, katanya.

"Di sini saya memberikan catatan semoga Menteri Kesehatan (Terawan Agus Putranto) yang baru bisa memberikan suatu solusi agar kita tidak impor obat-obatan dari luar tapi kita bisa membuat industri obat-obatan dari kita sendiri," ujar Rachma.

Ketika ditemui usai kegiatan, Rachma menambahkan, saat ini Indonesia tengah dihadapkan suatu persoalan di mana banyak sekali obat-obatan ditarik oleh Kementerian Kesehatan karena bahan bakunya yang impor.

"Nah kita enggak tahu apa itu politik dagang atau gimana tapi banyak yang saat ini sudah ditarik, ganti merek lagi. Sebagai konsumen, kita dijadikan pasar percobaan, kelinci percobaan. Ini mempengaruhi sistem kesehatan nasional kita," pungkasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA