Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bertemu Masyarakat, Habiburokhman: Kita Harus Saling Ingatkan Tentang Empat Pilar Negara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Kamis, 28 November 2019, 02:05 WIB
Bertemu Masyarakat, Habiburokhman: Kita Harus Saling Ingatkan Tentang Empat Pilar Negara
Anggota MPR RI, Habiburokhman/Net
rmol news logo Anggota MPR RI Habiburokhman memberikan sosialisasi empat pilar kepada masyarakat konstituennya. Habiburokhman meyakini masyakarat konstituennya sudah sangat pandai sehingga tidak perlu diajari tentang definisi Pancasila.

"Untuk apa sosialisasi ke orang-orang secerdas ini. Istilahnya ngajarin bebek berenang, sudah bisa berenang gak perlu diajarin lagi. Sudah paham Pancasila, sudah mempraktikkan Pancasila, ngapain kita ajarin lagi. Cuma ini kita saling mengingatkan," ujar anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat Republik Indonesia (MPR RI), Habiburokhman saat membuka sambutan dan pengarahan di acara "Sosialisasi 4 Pilar MPR RI (Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika)", di Jakarta Timur, Rabu malam (27/11).

Habiburokhman menjelaskan, beberapa contok praktik nilai-nilai luhur Pancasila, seperti shalat, menjalankan perintah agama, pengajian dan belajar kesenian Islam marawis sebagai bagian dari pengamalan Sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa. Karena sebagai bangsa, semua persoalan kehidupan, dasarnya adalah kepada Tuhan.

Sila kedua, Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab diwujudkan dengan cara saling tolong-menolong sesama warga dan saudara, serta membantu yang susah. Sila ketiga, Persatuan Indonesia diamalkan dengan hidup damai dan saling toleransi antar agama, suku dan budaya.

Sila keempat, Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan Dalam Permusyawarakatan Perwakilan dimanifestasikan melalui mekanisme konstitusi Pemilihan Umum untuk memilih Anggota DPRD, DPR RI dan Presiden.

"Sila kelima ini, Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Kita sering praktikkan tapi kita kadang belum rasakan. Negara sedang mencoba mewujudkannya. Bagaimana orang miskin bisa dapat pelayanan pendidikan dan kesehatan yang gratis berkualitas. Itu semua sebetulnya sudah kita praktekkan sehari-hari," tegas Wakil Ketua Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR RI tersebut.

Habib, sapaan akrabnya, mengajak sekitar 200 peserta sosialisasi, untuk terus bersatu menumbuhkembangkan semangat kebangsaan yang terkandung di Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Karena ini akan menjadi energi positif dalam proses pembangunan menuju Indonesia maju, adil dan makmur.

Kegiatan Tatap Muka Sosialisasi 4 Pilar MPR RI berlangsung hangat selama sekitar 3 jam dan bertempat di RW 03, Kelurahan Cipinang Muara, Kecamatan Jatinegara, Kota Jakarta Timur.

Dalam acara itu dihadiri berbagai tokoh masyarakat, tokoh agama, kaum ibu, perwakilan pengurus Partai Gerindra dari 10 kecamatan se-Jakarta Timur, serta dimeriahkan dengan kesenian Islam marawis dan pemutaran film perjalanan kampanye Pemilu 2019 hingga laporan kegiatan sebagai anggota DPR/ MPR RI.

Terakhir, Habiburokhman berjanji akan terus menjaga amanah dari konstituen Partai Gerindra di Dapil Jakarta Timur dan secara khusus sebagai anggota Komisi III DPR RI yang berlatar advokat, akan membantu persoalan hukum yang dihadapi masyarakat khususnya bila mengalami kriminalisasi, persekusi dan ketidakadilan hukum lainnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA