Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menlu Retno Koordinasi Dengan Taliban Sebelum Ajak Wanita Afghanistan Dialog

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Jumat, 29 November 2019, 14:37 WIB
Menlu Retno Koordinasi Dengan Taliban Sebelum Ajak Wanita Afghanistan Dialog
Menlu Retno (baju putih)/RMOL
rmol news logo Indonesia melalui Kementerian Luar Negeri berinisiatif menggelar dialog dengan perempuan Afganistan untuk meningkatkan peran mereka dalam hal resolusi konflik dan menciptakan perdamaian di negara tersebut.

Diungkapkan oleh Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, pihaknya telah bekerja dari jauh-jauh hari untuk menggelar dialog tersebut.

Bahkan Retno sendiri mengaku sebelum memulai dialog sudah berkoordinasi dengan negara-negara dan pihak terkait dalam proses perdamaian di Afganistan.

“Termasuk mitra kita yang terkait dengan Afganistan seperti dengan Amerika Serikat, Pakitan, Qatar, Jerman, Norwegia. Kita juga berbicara menyampaikan ini dengan Taliban," ujar Retno dalam sambutannya di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Jumat (29/11).

Lebih lanjut, Retno mengatakan perempuan harus menjadi aktor aktif dalam upaya menciptakan perdamaian itu sendiri. Nantinya, hasil dialog akan dibahas dan ditindaklanjuti dalam rencana kunjungannya ke Afganistan pada tahun depan.

“Masalah perempuan merupakan salah satu elemen dari politik luar negeri Indonesia. Kita sangat aktif di tataran internasional UN untuk isu women peace and security," pungkas Retno usai acara.

Acara ini bertema “Dialogue between Women of Afghanistan: Bridging the Gap and Sharing Experiences" yang digelar pada Jumat (29/11) hingga Minggu (1/12).

Acara turut dihadiri Menteri Informasi dan Kebudayaan Afganistan Hasina Safi dan diikuti oleh 38 partisipan wanita Afganistan yang terdiri dari 19 wanita dari perkotaan/urban dan 19 wanita dari pedesaan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA