Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

MUNAS GOLKAR

Pengamat: Persiapan Munas Golkar Sudah Berjalan Demokratis

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Selasa, 03 Desember 2019, 14:14 WIB
Pengamat: Persiapan Munas Golkar Sudah Berjalan Demokratis
Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto saat rapat pleno/RMOL
rmol news logo Ketatnya mekanisme internal partai yang dijalankan menjadi jaminan Musyawarah Nasional (Munas) Golkar sudah berjalan demokratis.

"Dalam banyak hal, mekanisme yang mereka lakukan menurut saya cukup baik. Ada kompetisi dan akomodasi berbagai aspirasi, terbukti dengan munculnya sejumlah calon ketua umum yang menantang calon petahana Airlangga," kata pengamat politik Universitas Malikussaleh Lhokseumawe, Teuku Kemal Fasya kepada wartawan, Selasa (3/12).

Oleh karenanya, ia merasa aneh jika masih ada pihak-pihak yang menuding proses Munas untuk menentukan ketua umum partai beringin ini dianggap tak demokratis.

Menurutnya, Munas sudah melewati beberapa kegiatan, pembahasan dan kesepakatan, seperti rapat pleno dan Rapimnas sebelum Munas berlangsung.

"Ada prosedur yang disepakati terkait pemilihan, itu wajar. Oleh karena itu, dilihat dari mekanisme yang sudah dijalankan bisa dikatakan Munas Golkar sudah demokratis," sambungnya.

Selain itu, ia berpandangan bahwa untuk saat ini sosok Airlangga Hartarto merupakan pilihan terbaik untuk memimpin Golkar dalam periode lima tahun ke depan.

"Kalau dilihat situasi saat ini, pikiran saya mengatakan tidak ada yang lebih baik dari Airlangga. Baik dari segi ketenangan maupun dalam hal menjaga Golkar. Akomodasi yang dibangun Airlangga juga yang terbaik," tambahnya.

Senada dengan Kemal, Plt Ketua Golkar DKI Jakarta Rizal Mallarangeng juga mengatakan gelaran Munas nanti akan berlangsung damai dan demokratis.

"Golkar memang partai besar. Makin tinggi pohon, makin banyak angin. Tapi Munas pada akhirnya akan damai dan demokratis," ujar Plt Ketua Golkar DKI Jakarta tersebut.

Rizal juga yakin Airlangga Hartarto akan kembali terpilih menjadi ketua umum pada Munas tersebut. Menurutnya, Airlangga sudah banyak mendapatkan dukungan kader.

"Airlangga Hartarto sudah mengantongi dukungan mayoritas. Dia akan terpilih kembali menjadi Ketum Golkar. Insyaallah," tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA