KKP Diminta Buat Terobosan Demi Kesejahteraan Nelayan

Rabu, 04 Desember 2019, 15:53 WIB
Laporan: Ahmad Alfian

Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin/RMOL

Semua program dan kegiatan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) yang sejalan dan sesuai Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) bakal mendapat dukungan penuh dari DPR.

Ketua Komisi IV DPR RI, Sudin memastikan, jika kementerian yang dipimpin Eddy Prabowo menjadikan visi Presiden Joko Widodo sebagai acuan, maka pihaknya akan mendukung.

Sudin mengingatkan bahwa taraf hidup nelayan Indonesia belum sepenuhnya sejahtera. Hal itu merupakan tanggung jawab dari KKP dan Komisi IV DPR RI.

"Untuk itu, Komisi IV mendorong KKP untuk dapat menghadirkan terobosan kebijakan dan program baru dalam rangka akselerasi pembangunan kelautan dan perikanan," jelas Sudin pada Rabu (4/12).

KKP diminta untuk memprioritaskan program bantuan pemerintah, infrastruktur, peningkatan SDM, optimalisasi budi daya dan penangkapan, perizinan, pengawasan, pemberdayaan, dan perlindungan.

"Serta peningkatan hasil produksi perikanan dan pergaraman yang bernilai tambah dan berdaya saing,” sambungnya.

Sudin juga berharap KKP dapat lebih ketat memberikan pengawasan terhadap pengusaha nakal dan kapal asing yang melakukan illegal fishing.

"Tolong dirjen pengawas KKP diingatkan itu. Jangan ada lagi sedot pasir di laut. Pengusaha cari keuntungan sesaat saja. Ini yang amat disayangkan. Bagaimana nanti nasib 20 tahun mendatang," tutupnya. 

Kolom Komentar


Video

Sakit Hati, Warga Tanjung Priok Demo Yasonna Laoly

Rabu, 22 Januari 2020
Video

Penangkapan Pelaku Pencurian Proyek Stadion Jatidiri Semarang

Kamis, 23 Januari 2020
Video

NOORCA M. MASSARDI: Ketika Nikah | Puisi Hari Ini

Kamis, 23 Januari 2020