Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Sekalipun Dibolehkan, Sikap SBY Sudah Tegas Tidak Mau Maju Pilpres Lagi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Kamis, 05 Desember 2019, 07:52 WIB
Sekalipun Dibolehkan, Sikap SBY Sudah Tegas Tidak Mau Maju Pilpres Lagi
SBY/Net
rmol news logo Sejumlah wacana muncul seiring rencana mengamandemen UUD Negara Republik Indonesia. Salah satunya, penambahan masa jabatan presiden menjadi tiga periode.

Wacana itu membuka peluang bagi Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Presiden Joko Widodo yang sudah dua kali maju di pilpres untuk bisa satu periode lagi menjadi presiden.

Jokowi dengan tegas sudah menolak wacana itu. Dia bahkan menuduh wacana dimunculkan oleh orang cari muka yang ingin menampar dan menjerumuskannya.

SBY ternyata sudah lebih maju. Sejak tahun 2014 atau saat di akhir periodenya, SBY secara tegas menyatakan bahwa dirinya tidak akan maju dalam pilpres lagi. Sekalipun ada perubahan konstitusi yang memberinya peluang.   

“Andaikata saya bisa maju untuk yang ketiga kalinya dan tidak dilarang konstitusi dan uu, saya pun mengatakan tidak akan maju lagi,” tegasnya sebagaimana tangkapan layar atas kicauannya pada 25 April 2014.

Tangkapan layar kicauan SBY itu diunggah kembali oleh politisi Demokrat Andi Arief. Andi seolah ingin memperlihatkan bahwa SBY komitmen dengan apa yang diperbuat.

Hal tersebut seiring dengan pernyataan sikap dari Partai Demokrat yang salah satunya menolak wacana presiden tiga periode.  

“Statemen 25 April 2014, satu kata satu perbuatan,” tegas Andi Arief. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA