Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pengamat: Ada Kecenderungan Zulhas Ingin Kurangi Dominasi Amien Rais

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/faisal-aristama-1'>FAISAL ARISTAMA</a>
LAPORAN: FAISAL ARISTAMA
  • Kamis, 05 Desember 2019, 21:39 WIB
Pengamat: Ada Kecenderungan Zulhas Ingin Kurangi Dominasi Amien Rais
Zulkifli Hasan/RMOL
rmol news logo Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan maju kembali pada gelaran Kongres PAN pada 2020 mendatang. Namun, majunya kembali petahana ini lantaran memiliki maksud lain yaitu untuk mengurangi dominasi Ketua Dewan Penasihat PAN Amien Rais.

Meskipun, bayang-bayang Dewan Penasihat PAN Amien Rais dalam gelaran Kongres PAN pada 2020 mendatang masih memberikan pengaruh bagi kader PAN yang mencalonkan diri sebagai ketua umum PAN.

Begitu disampaikan Direktur Eksekutif Parameter Politik Indonesia, Adi Prayitno kepada wartawan di kawasan Tebet, Jakarta Selatan, Kamis (5/12).

"Ada kecenderungan dari pengurus PAN saat ini (era Zulhas) tuh ingin memutus ketergantungan terhadap Amin Rais," kata Adi.

Menurut Adi, banyaknya generasi muda pendukung Zulhas pada Kongres PAN nanti itu diyakini sedikit banyak dapat mengurangi pengaruh Amin Rais.

"Jadi kalo sejak dulu sampai sekarang Pak Amin Rais adalah satu-satunya God Father yang bisa menentukan arah politiknya PAN termasuk siapa yang jadi Ketum, ke depan kecenderungannya tidak seperti itu," kata pengamat politik dari UIN Syarief Hidayatullah Jakarta ini.

Terlebih, lanjut Adi, generasi muda PAN juga nampaknya menginginkan tokoh-tokoh senior PAN yang lain turut mewarnai hajatan partai matahari biru itu.

"Ada tokoh-tokoh lain misalnya ada pak Hatta Rajasa, Sutrisno Bachir belakangan kan mulai disebut-sebut adalah sosok yang menurut saya cukup dirindukan juga oleh PAN. Bahwa begitu banyak sebenarnya resource senior yang ada di PAN," demikian Adi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA