Selamat Idul Fitri
Selamat Idul Fitri Mobile
Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Partisipasi Pemilih Minim, KPU Pandeglang Gandeng Media

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ichsan-yuniarto-1'>ICHSAN YUNIARTO</a>
LAPORAN: ICHSAN YUNIARTO
  • Jumat, 06 Desember 2019, 03:51 WIB
Partisipasi Pemilih Minim, KPU Pandeglang Gandeng Media
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pandeglang Ahmad Sujai/RMOL
rmol news logo Partisipasi pemilih di tiga kecamatan Pandeglang, Banten sangat minim.

Hal ini dikatakan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pandeglang Ahmad Sujai. Menurutnya, pada Pilbup Pandeglang 2015, dari 35 kecamatan, ada tiga kecamatan yang minim partisipasi pemilih, yaitu Kecamatan Kadu Hejo, Kecamatan Menes dan Kecamatan Cimanuk.

Ahmad Sujai menduga, minimnya partisipasi pemilih disebabkan kurangnya kepercayaan terhadap para pemimpin masa lalu. Selain itu, karena kurangnya menu atau sajian para calon yang sesuai dengan keinginan masyarakat.

"Selebihnya di atas 50 persen, akan tetapi kalau dihitung secara kumulatif itu hanya 56 persen kalau dihitung," kata Ahmad seperti dilansir dari Kantor Berita RMOLBanten, Kamis (5/12).

Kondisi tersebut, kata Sujai, menjadi perhatian yang serius. Untuk itu, penyajian daftar pemilih yang betul-betul akurat, mutakhir dan komprehensif harus diperbaiki agar partisipasi pemilih bisa meningkat.

"Dari hasil analisa kami sebagai penyelenggara pemilu, ini kan karena sikap dari warga masyarakatnya itu sendiri semacam ketidak percayaan terhadap para pemimpin yang lalu," tuturnya.

Sujai berharap kepada media untuk turut membantu melakukan edukasi sehingga partisipasi masyarakat meningkat.

"Harapannya media itu ikut membantu mengimplementasikan kaitan dengan fungsinya, menginformasikan pemilihan kepala daerah. Ini kan ada informasi awal kaitan dengan tahapan, jangan sampai masyarakat tahu nya pada saat hari pencoblosan," jelasnya.

Setidaknya kata dia, media sering mempublikasikan masalah pemilihan, mulai dari regulasi atau masalah aspek teknis.

"Karena media mempunyai peranan yang sangat strategis, sebab masyarakat saat ini, sehari-harinya menggunakan media sosial," tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA