Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kenya Akan Buka Kantor Perwakilan Di Jakarta

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Jumat, 06 Desember 2019, 06:17 WIB
Kenya Akan Buka Kantor Perwakilan Di Jakarta
Menlu RI Retno Bahas Kerja Sama Dengan Menlu Kenya Monica Juma/Kemlu
rmol news logo Negara Kenya belum memiliki kantor perwakilan di Indonesia. Padahal Kenya dan Indonesia telah lama melakukan kerja sama perdagangan.

Di sela-sela Bali Democracy Forum (BDF) ke-12 di Bali, Kamis (5/12), Menlu RI Retno Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Kenya, Monica Juma.

Kedua Menteri Luar Negeri ini mendiskusikan rencana pembukaan kantor perwakilan atau Kedutaan Besar Kenya di Jakarta, agar hubungan antar kedua negara bisa lebih baik lagi.

Dalam kurun waktu tiga tahun terakhir, tren perdagangan Indonesia-Kenya mengalami peningkatan dengan rata-rata hingga 17%, mencapai total nilai USD317 juta pada tahun 2018.

Menlu Retno menyatakan bahwa salah satu cara efektif untuk meningkatkan hubungan perdagangan kedua negara adalah melalui penurunan tarif masuk barang.

Untuk itu, di samping mendorong kemungkinan pembentukan Preferential Trade Agreement (PTA) dengan Kenya, Menlu Retno kembali mengingatkan pihak Kenya terkait proposal pembentukan PTA antara Indonesia dengan East African Community (EAC), di mana Kenya merupakan salah satu anggota organisasi regional yang memiliki Common External Tariff (CET) tersebut.

Melalui PTA ini, akses pasar akan semakin terbuka dan memberikan manfaat bagi kesejahteraan rakyat kedua negara.

Menlu RI juga menyampaikan bahwa pasca Indonesia-Africa Infrastructure Dialogue (IAID) pada Agustus lalu, Indonesia mengharapkan kerja sama yang lebih konkret dengan Kenya. Dalam hal ini, kedua Menteri sepakat bekerja sama lebih erat khususnya di sektor infrastruktur dan konektivitas. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA