Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

KONGRES PAN

Dominasi Individu Di PAN Harus Diganti Kolektivitas Kader

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Jumat, 06 Desember 2019, 08:11 WIB
Dominasi Individu Di PAN Harus Diganti Kolektivitas Kader
Zulhas dan Amien Rais/Net
rmol news logo PAN sebagai partai politik harus bertindak sesuai dengan arah kemauan kader. Gerakan partai tidak boleh hanya disandarkan pada seorang figur, baik itu Zulkifli Hasan sebagai ketua umum maupun Amien Rais sebagai pendiri.

Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah mengakui bahwa sosok Amien Rais cukup dominan di partai. Namun dominasi itu harus segera dikurangi dan menjadikan kolektivitas kader sebagai ruh.

“Sehingga keputusan Zulhas sebagai ketum bukan disandarkan pada kesimpulan seorang saja,” kata Dedi kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (6/12).

Zulhas, sambungnya, bisa dengan tegas memantapkan langkah PAN bergabung dengan pemerintah, asalkan kader menghendaki demikian. Jika kader kompak mau merapat ke pemerintah, Amien Rais sebagai pendiri dan juga ketua Dewan Kehormatan tidak akan mampu menolak.

Pada prinsipnya, sambung Dedi, Amien Rais sebagai dewan penasihat memiliki andil untuk mempengaruhi arah politik PAN, hanya saja pengaruhnya tidak mesti harus dijalankan oleh seluruh kader PAN.

“Jadi persoalan pro Jokowi atau bukan, adalah keputusan kolektif PAN sebagai organisasi, bukan personal Zulhas atau Amin Rais,” pungkas Dedi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA