Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ini Sosok Sigit Prabowo Yang Ditunjuk Sebagai Kabareskrim Polri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Jumat, 06 Desember 2019, 14:58 WIB
Ini Sosok Sigit Prabowo Yang Ditunjuk Sebagai Kabareskrim Polri
Listyo Sigit Prabowo/Net
rmol news logo Kapolri Jenderal Idham Azis telah menunjuk Irjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri.

Penunjukan tersebut tertuang dalam Telegram nomor ST/3229/XII/KEP./2019 yang diterbitkan pada Jumat (6/12).

Sebelum ditunjuk menjadi Kabareskrim, Sigit Prabowo menduduki posisi Kepala Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam). Posisi Kadiv Propam kini digantikan oleh Brigjen Ignatius Sigit Widiatmono.

Siapa sosok Sigit Prabowo yang ditunjuk menjadi Kabareskrim?

Irjen Listyo Sigit Prabowo merupakan lulusan Angkatan Kepolisian (Akpol) tahun 1991 yang beberapa kali memimpin di daerah Jawa Tengah.

Tercatat, Sigit Prabowo pernah menjadi Kapolres Pati. Setelah itu, dia menduduki posisi Wakapolrestabes Semarang dan pernah menjadi Kapolres Solo.

Pada tahun 2012, saat Jokowi menjabat Gubernur DKI Jakarta, Sigit Prabowo dirotasi ke Jakarta untuk menjabat sebagai Asubdit II Dit Tipdum Bareskrim Polri.

Pada 2013, Sigit Prabowo bertugas di Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Sulawesi Tenggara. Setelah itu, Sigit Prabowo menjabat menjadi Ajudan Presiden Joko Widodo pada 2014 hingga 2016.

Setelah menjadi ajudan Presiden Jokowi, Sigit Prabowo menjabat sebagai Kapolda Banten dan terakhir menjadi Kadiv Propam Polri sebelum ditunjuk menjadi Kabareskrim saat ini.

Pria kelahiran 1969 ini juga merupakan lulusan S-2 di Universitas Indonesia. Tesis yang dipilih Sigit Prabowo adalah tentang penanganan konflik etnis di Kalijodo.

Kini, Sigit Prabowo dipercaya menjadi Kabareskrim yang baru. Posisi Kabareskrim sebelumnya dijabat Idham Azis yang kini diangkat Presiden Jokowi menjadi Kapolri menggantikan Tito Karnavian. Tito sendiri ditunjuk sebagai Menteri Dalam Negeri. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA