Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tingkatkan Hubungan, Afrika Selatan Siap Jajaki Pembentukan PTA Dengan Indonesia

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Sabtu, 07 Desember 2019, 08:48 WIB
Tingkatkan Hubungan, Afrika Selatan Siap Jajaki Pembentukan PTA Dengan Indonesia
Sarah Meiliana Gunawan 8:21 AM (27 minutes ago) to me RI-Afsel (2).jpeg Pertemuan bilateral Indonesia dan Afrika Selatan/Net
rmol news logo Hubungan Indonesia dan Afrika Selatan sudah berada di tingkat yang lebih tinggi lagi. Kali ini keduanya menyelenggarakan Konsultasi Bilateral pertama di sela-sela Bali Democracy Forum ((BDF) ke-12.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Bertempat di Nusa Dua, Bali, Jumat (6/12), mewakili Kementerian Luar Negeri, Dirjen Asia Pasifik dan Afrika, Desra Percaya bertemu dengan pihak Kementerian Luar Negeri Afrika Selatan yang diwakili oleh Deputy Director General Asia and Middle East Department of International Relations and Cooperation, Anil Sooklal.

Pertemuan itu sendiri merupakan tindak lanjut dari Memorandum of Understansing (MoU) on the Establishment of the Joint Commission for Bilateral Cooperation yang sebelumnya telah ditandatangani kedua negara.

Dalam pertemuan tersebut, Afrika Selatan menyatakan dukungannya terhadap Indonesia atas pembentukan Preferential Trade Agreement (PTA) dengan Southern African Customs Union (SACU). Afrika Selatan bahkan menerima penjajakan pembentukan PTA secara bilateral apabila perkembangan dengan SACU menemui hambatan.

Selain itu, kedua negara juga menyepakati beberapa hal, termasuk untuk meningkatkan volume perdagangan dan investasi, utamanya di sektor infratruktur, manufaktur, dan pertanian. Adapun investasi sendiri merupakan bentuk peningkatan outbond investment Indonesia di Afrika Selatan.

Tidak hanya isu bilateral, kedua negara juga membahas isu-isu regional dan multilateral yang menjadi kepentingan bersama. Kedua negara juga sepakat untuk mengintensifkan kolaborasi dalam payung PBB, G20, dan IORA. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA