Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jika PT Masih 20 Persen, Zainal Bintang Tidak Yakin Golkar Punya Capres Sendiri

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Sabtu, 07 Desember 2019, 11:56 WIB
Jika PT Masih 20 Persen, Zainal Bintang Tidak Yakin Golkar Punya Capres Sendiri
Zainal Bintang/Net
rmol news logo Ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold (PT) sebesar 20 persen jadi batu sandungan bagi Partai Golkar untuk mamajukan calon presidennya sendiri pada Pemilu 2024.

Eksponen Tri Karya Golkar Zainal Bintang berpendapat, dia memprediksi Golkar akan keok jika tidak memperjuangkan perubahan PT.

"Golkar akan mencalonkan Capres sendiri? Saya tidak yakin dengan sistem 20 persen presidential threshold," kata dia saat jadi pembicara diskusi "Setelah Munas Mulus Partai Golkar", di Jalan Taman Kebon Sirih, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu (7/12).

Partai penguasa hari ini saja, PDI Perjuangan, tidak mencapai ambang batas 20 persen. Persentasi partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu 19,33 persen.

Sehingga, lanjut ZB, menjadi catatan penting bagi Golkar, terutama bagi anggota di DPR untuk mengevaluasi PT lewat revisi UU 7/2017 tentang Pemilu.

"Catatannya kepada anggota DPR Golkar harus berjuang, karena sekarang ada permintaan dari PPP (PT) cuma 4 persen," kata dia.

"Jadi dengan hari ini, dengan UU Pemilu dan presidential threshold tadi 20 persen, tidak ada satu partai politik yang bisa mencalonkan sendiri," sambung ZB. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA