Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Terlibat Penipuan Akuntansi, Tiga Petinggi Samsung Dipenjara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Senin, 09 Desember 2019, 17:59 WIB
Terlibat Penipuan Akuntansi, Tiga Petinggi Samsung Dipenjara
Samsung/Net
rmol news logo Pengadilan Korea Selatan berhasil memenjarakan tiga eksekutif Samsung Electronics yang berperan dalam komplotan upaya penipuan akuntansi di tubuh perusahaan afiliasinya, Samsung Biologics.

Dugaan penipuan sendiri mulai terendus ketika badan pengawas keuangan Korea Selatan melaporkan nilai perusaaan meningkat secara signifikan, yakni sebesar 4,5 triliun won atau sekitar Rp 53 miliar (Rp 11,76/won) pada 2015.

Dilansir dari Channel News Asia, penipuan ini menjadi mega skandal karena telah melibatkan konglomerat Korea Selatan, Jay Y. Lee yang juga terlibat dalam skandal korupsi yang melibatkan mantan Presiden Park Geun-hye.

"Kebanyakan orang Korea Selatan menginginkan Samsung menjadi perusahaan kelas dunia yang berkontribusi pada perekonomian negara. Namun jjika pertumbuhan tersebut didasari pelanggaran, itu tidak membanggakan." ujar Hakim Soh Byung-soek.

Sementara itu, baik pengacara para eksekutif maupun pihak Samsung enggan memberikan komentar.

Menurut penuturan pihak berwenang, penipuan sendiri melibbatkan hampir dua lusin komputer dan notebook yang dilakukan di ruang bawah tanah pabrik Samsung Biologics, dekat ibukota Seoul. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA