Siang Ini, Ratusan Mahasiswa Geruduk Istana Tuntut Perppu KPK

Selasa, 10 Desember 2019, 09:31 WIB
Laporan: Jamaludin Akmal

Bendera Reformasi Dikorupsi/Net

Ratusan mahasiswa yang tergabung di Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) Sejabodetabek dan Banten akan menggelar aksi di depan Istana Negara, Jakarta pada siang ini, Selasa (10/12)

Mereka datang untuk menuntut Presiden Joko Widodo segera mengeluarkan Perppu KPK dan menuntaskan kasus Novel Baswedan.

Koordinator Wilayah BEM SI Sejabodetabek-Banten, Ervan Kurniawan menegaskan bahwa aksi mahasiswa akan digelar pada pukul 14.00. Ratusan mahasiswa akan datang dari perguruan tinggi yang ada di Jabodetabek dan Banten.

"Mulai dari tugu tani Longmarch ke Istana. Massa kurang lebih 600 orang," ucap Ervan Kurniawan kepada Kantor Berita Politik RMOL, Selasa (10/12).

Dalam aksi nanti di depan Istana Merdeka, mahasiswa akan menyampaikan tiga tuntutan berkaitan dengan tema besar “Reformasi Dikorupsi”.

"Pertama mendesak presiden untuk menerbitkan Perppu KPK untuk membatalkan UU 19/2019. Mendesak Presiden untuk segera menuntaskan kasus Novel Baswedan," jelas Ervan.

Selain itu, mahasiswa menuntut Presiden Jokowi untuk menindak tegas para pelaku tindakan represif yang dilakukan oleh aparat pada massa aksi sebelumnya yang menimbulkan banyaknya korban.

"Menuntut presiden untuk menindak tegas pelaku tindakan represif yang dilakukan oleh aparat," pungkas Ervan.

Kolom Komentar


Video

NOORCA M. MASSARDI: Ketika Nikah | Puisi Hari Ini

Kamis, 23 Januari 2020
Video

Pelaku Pembunuhan Astrid di Tangkap

Kamis, 23 Januari 2020
Video

Sekjen PDI P Hasto Kristiyanto Diperiksa KPK

Jumat, 24 Januari 2020