Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ali Munhanif: FISIP UIN Karya Profesor Bahtiar Effendy

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Selasa, 10 Desember 2019, 14:51 WIB
Ali Munhanif: FISIP UIN Karya Profesor Bahtiar Effendy
Dekan FISIP UIN, Ali Munhanif/Net
rmol news logo Kepergian Professor Bahtiar Effendi merupakan kehilangan terbesar bagi civitas akademika Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Begitu kata Dekan FISIP UIN, Ali Munhanif saat peresmian auditorium Profesor Bahtiar Effendi di Gedung FISIP UIN, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (10/12).

"Kepergian Profesor Bahtiar Effendy pada tiga minggu lalu kita rasakan sebagai sebuh kehilangan yang sangat besar bagi FISIP UIN Jakarta," ujar Ali.

Bahtiar Effendy adalah Gurubesar Ilmu Politik UIN Jakarta. Dia ikut mendirikan dan menjadi dekan pertama FISIP pada tahun 2009 hingga 2013.

Pria kelahiran Ambarawa, 10 Desember 1958 itu menghembuskan napas terakhir dalam perawatan di Rumah Sakit Islam Jakarta (RSIJ) Cempaka Putih, Rabu tengah malam atau Kamis dinihari (21/11).

"Kalau boleh saya katakan secara kasar, FISIP baik bentuknya yang sekarang maupun tata kelola maupun karakter kurikulum adalah karya Profesor Bahtiar Effendy," kata Ali menambahkan.

Ali menyebut dengan mengabadikan nama Bahtiar Effendi sebagai nama auditorium, merupakan cara kecil bagi civitas akademika dalam mengenang langkah besar almarhum.

Pasalnya, kata dia, tangan dingin Bahtiar saat mendirikan FISIP telah terbukti menjadikan fakultas itu sebagai parameter pemikir politik Islam di Indonesia.

"Saya kira harus kita tempatkan posisi khusus sebagaimana transformasi UIN dalam banyak hal bentukan generasi seperti beliau," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA