Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kritik Jokowi Soal Pemindahan Ibu Kota, SBY: Konsepnya Seperti Apa?

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 11 Desember 2019, 22:39 WIB
Kritik Jokowi Soal Pemindahan Ibu Kota, SBY: Konsepnya Seperti Apa?
Pidato politik SBY/RMOL
rmol news logo Rencana pemindahan ibukota negara ke Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur mendapat kritik dari Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

SBY menyebutkan, perihal pemindahan ibukota bukanlah suatu hal yang mudah dan perlu perencanaan yang matang.

Terlebih soal esensi dari rencana tersebut, yang kata SBY bukan hanya sekedar membangun infrastruktur.

"Bukan sekadar membangun infrastruktur fisik. Membangun sebuah ibukota hakikatnya adalah membangun kehidupan, membangun sistem. Tapi Demokrat yakin, pemerintah sangat tahu," ujarnya saat menyampaikan pidato politiknya di Jakarta Convention Centre, Jakarta Pusat, Rabu (11/12).

Pembangunan ibukota baru, ditegaskan Presiden RI keenam itu, juga memerlukan biaya yang sangat besar dan jangka waktu yang tidak singkat.

Karenanya, ia mempertanyakan perincian konsep serta perencanaan yang telah disusun oleh pemerintahan Presiden Joko Widodo.

"Konsepnya seperti apa? Timeline-nya (jadwal pembangunannya) seperti apa? Berapa besar biaya yang digunakan? Dari mana anggaran itu diperoleh? Apakah betul ada pemikiran untuk menjual aset-aset negara dan bahkan utang ke luar negeri untuk membiayainya?," kata SBY.

"Hal-hal inilah yang ingin kami dengar. Saya yakin rakyat Indonesia juga ingin mendengar dan mengetahuinya," sambungnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA