Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Pilkada 2020, Jokowi Bisa Pecahkan Rekor Dan Gibran Lampaui Catatan Tutut Soeharto

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Kamis, 12 Desember 2019, 14:50 WIB
Di Pilkada 2020, Jokowi Bisa Pecahkan Rekor Dan Gibran Lampaui Catatan Tutut Soeharto
Presiden Joko Widodo dan Gibran Rakabuming Raka
rmol news logo Putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka akan bertarung dalam Pilkada Kota Solo 2020 mendatang. Suami Selvi Ananda itu telah mendaftarkan diri dari partai yang dulu turut mengantarkan bapaknya jadi walikota di Solo, PDI Perjuangan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Direktur Eksekutif Government & Political Studies (GPS), Gde Siriana Yusuf melihat keikutsertaan Gibran di pilkada bakal menjadi pemecahan rekor baru di Indonesia. Di mana anak presiden yang masih menjabat ikut dalam kontestasi pilkada.

“Jokowi memecahkan rekor nasional sebagai presiden RI yang anaknya ikut pilkada ketika masih menjabat presiden,” ujarnya dalam akun Facebook pribadi, Rabu (12/12).

Siriana menguraikan bahwa apa yang dilakukan Jokowi dan Gibran itu tidak terjadi di masa sebelumnya. Presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) misalnya. Dia baru mempersilakan anak sulung, Agus Harimurti Yudhoyono ikut Pilkada DKI 2017, tepat setelah dirinya lengser selama tiga tahun.

Tidak hanya sebagai anak presiden pertama yang ikut pilkada, Gibran juga berpotensi mengalahkan Siti Hardijanti Rukmana atau yang akrab dikenal dengan Tutut Soeharto.

Pasalnya, jika terpilih maka Gibran bisa menjadi anak presiden termuda yang duduk sebagai pejabat eksekutif. Gibran yang kini berusia 32 tahun akan mengalahkan Tutut yang menjadi Menteri Sosial di usia 49 tahun.

“Semua presiden tidak mendorong anaknya jadi menteri atau kepala daerah selama menjabat. Bahkan Soeharto pun baru mengangkat anak ke-2 nya sebagai Mensos setelah berkuasa 30 tahun,” sindir Siriana mengakhiri. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA