Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Soekarwo Tidak Akan Bawa Pengaruh Demokrat Ke Istana

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 13 Desember 2019, 21:36 WIB
Soekarwo Tidak Akan Bawa Pengaruh Demokrat Ke Istana
Adi Prayitno/RMOL
rmol news logo Kehadiran Soekarwo, yang merupakan mantan fungsionaris Partai Demokrat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) tidak akan mengganggu kinerja Presiden Jokowi.

Pengamat politik dari Universitas Syarif Hidayatullah UIN Jakarta Adi Prayitno memastikan tidak akan ada pengaruh dari Demokrat atas penunjukan Pakde Karwo.  

"Pakde Karwo sebenarnya tidak terlampau mewakili pemain di Demokrat. Pemain Demokrat tetap saja SBY (Susilo Bambang Yudhoyono),” ujar Adi saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (13/12).

Kecuali, kata Adi, jika mantan gubernur Jawa Timur itu ditempatkan sebagai seorang menteri di Kabinet Indonesia Maju, maka ada kemungkinan kinerja pemerintahan terganggu.

"Beda ceritanya kalau ada yang jadi menteri dari Partai Demokrat. Ceritanya akan berubah," ucap Adi.

Adi berkesimpulan bahwa Jokowi hanya mengakomodasi kepentingan Partai Demokrat, dengan memasukan Pakde Karwo sebagai Watimpres.

Pasalnya, Demokrat sebelumnya akan diakomodasi melalui pemberian jabatan untuk anak SBY, Agus Harimurti Yudhoyono

“Jadi menteri enggak ada, wamen enggak ada, ya paling mungkin di Watimpres, kan gitu. Jadi plotnya di yang lain," kata Adi.

"Sekalipun ada Karwo di situ (sebagai Watimpres). Jadi tidak mengurangi sikap Demokrat yang ada di tengah itu," sambungnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA