Gibran Dan Bobby Boleh Maju Pilkada, Asal Jangan Manfaatkan Jabatan Jokowi

Rabu, 18 Desember 2019, 05:49 WIB
Laporan: Angga Ulung Tranggana

Presiden Jokowi beserta keluargnya/Net

Anak sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka resmi mendaftar sebagai bakal calon walikota Solo ke DPD PDIP Jateng, Kamis (12/12).

Banyak kalangan merespons pilihan pemilik usaha Markobar itu, tidak sedikit yang kontra dengan pilihannya karena sang ayah masih menjabat sebagai Presiden Republik Indonesia. Apalagi sang kakak ipar Gibran, Bobby Afif Nasution sudah bergerak untuk maju di Pilwakot Medan, Sumatera Utara.

Direktur Eksekutif Arus Survei Indonesia, Ali Rif'an mengatakan, lumrah apabila anak dan menantu Presiden Jokowi memilih ikut dalam kontestasi Pilkada. Menurut Ali, setiap orang memiliki hak dipilih termasuk putera Presiden.

"Majunya anak dan menantu Jokowi hal lumrah saja. Karena setiap orang punya hak memilih dan dipilih, termasuk anak Presiden," kata Ali kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (18/12).

Meski demikian, Ali memberikan catatan untuk kedua anak Jokowi, salah satunya Gibran dan Bobby yang dikhawatirkan memanfaatkan pengaruh Jokowi untuk kepentingan politik praktis.

"Yang jadi catatan adalah jika Gibran dan Bobby memanfaatkan pengaruh Presiden (Jokowi) untuk kepentingan politik praktis. Ini yang sebaiknya dihindari," tandas Ali Rif'an.

Kolom Komentar


Video

NOORCA M. MASSARDI: Ketika Harta | Puisi Hari Ini

Senin, 10 Februari 2020
Video

[FULL] | Singgung Film Avengers: Endgame, Pidato Jokowi di Parlemen Australia

Senin, 10 Februari 2020
Video

30 Tahun MURI, Bakti Sosial ke Kampung Sumur

Selasa, 11 Februari 2020