Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Akademisi UGM: Politik Dinasti Tidak Tiba-tiba Muncul

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Rabu, 18 Desember 2019, 17:06 WIB
Akademisi UGM: Politik Dinasti Tidak Tiba-tiba Muncul
Acara diskusi di FISIP UIN Syarif Hidayatullah, Rabu (18/12)/RMOL
rmol news logo Politik dinasti yang belakangan ramai diperdebatkan di ruang demokrasi di Indonesia adalah satu hal yang memang "direncanakan" untuk terjadi.

"Politik dinasti itu tidak tiba-tiba muncul," ujar akademisi Universitas Gajah Mada, Kuskrido Ambardi dalam diskusi akhir tahun FISIP UIN Syarif Hidayatullah Jakarta bertema "Partai Politik Dan Kecenderungan Politik Oligarki" di Auditorium Bahtiar Effendy, FISIP UIN, Tangerang Selatan, Rabu (18/12).

Fenomena lain yang terjadi di Indonesia adalah kartelisasi politik. Dijelaskan Ambardi, politik dinasti dan kartelisasi politik adalah dua hal yang berbeda.

"Bedanya antara oligarki dengan dinasti itu, kalau dinasti itu dilakukan pribadi-pribadi. Tapi kalau oligarki itu (dilakukan) partai politik," jelasnya.

Meski begitu, kata dia, politik dinasti yang ada saat ini memang saling berkaitan dengan fenomena kartelisasi politik oleh partai-partai politik besar.

"Munculnya politik dinasti itu bisa memudahkan kartel politik bergerak. Setidaknya dengan dinasti, langkah kartelisasi partai lebih mudah tercapai," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA