Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pasca Trump Dimakzulkan, Indonesia Berpeluang Banjir Investor

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/widian-vebriyanto-1'>WIDIAN VEBRIYANTO</a>
LAPORAN: WIDIAN VEBRIYANTO
  • Kamis, 19 Desember 2019, 13:11 WIB
Pasca Trump Dimakzulkan, Indonesia Berpeluang Banjir Investor
Indonesia Political Opinion Dedi Kurnia Syah/Net
rmol news logo Pemakzulan Presiden Amerika Serikat Donald Trump oleh DPR Amerika Serikat menjadi perhatian dunia. Sebab, impeachment itu berpengaruh pada peta politik dan ekonomi global.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Secara politik, pengamat politik dari Indonesia Political Opinion Dedi Kurnia Syah yakin pemakzulan Donald Trump tidak akan banyak berpengaruh pada Indonesia.

Namun, dari segi ekonomi, lanjut Dedi, akan berdampak signifikan terhadap Indonesia. Salah satunya, Indonesia bakal kebanjiran investor asing yang merasa tidak aman melakukan investasi di Amerika Serikat.

“Kalaupun ada dampak nasional itu bisa saja mengarah ke wilayah ekonomi, setidaknya pasar saham. Termasuk peluang Indonesia menerima luapan investor yang khawatir dengan ketidakpastian di Amerika,” katanya.

Pihaknya menambahkan jika Indonesia ingin mendapatkan banyak investor dari hasil pemakzulan Donald Trump, Indonesia harus mampu menjaga iklim ekonomi dan politik.

“Jika sama-sama tidak menentu, maka Indonesia hanya menyaksikan saja kegaduhan dunia, tanpa mengambil hikmah apapun,” katanya.

Mengenai dampak politik bagi Indonesia atas pemakzulan Donald Trump, sambung Dedi, tidak akan berpengaruh apapun lantaran Amerika sendiri tidak banyak andil untuk perpolitikan Indonesia.

“Indonesia bukan negara subyek dalam pusaran perang dagang, sehingga tidak banyak pengaruhnya terhadap politik kita,” tutupnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA