Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Ke Jepang, Menhan Prabowo Tuntut Kerjasama Yang Lebih Riil

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 22 Desember 2019, 14:35 WIB
Ke Jepang, Menhan Prabowo Tuntut Kerjasama Yang Lebih Riil
Menhan RI Prabowo Subianto dan Menhan Jepang Taro Kono/Kemhan
rmol news logo Setelah melakukan kunjungan ke China, Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto melakukan kunjungan kehormatan kepada Menteri Pertahanan Jepang Taro Kono di kantor Kementerian Pertahanan Jepang, Ichigaya, Tokyo, Jumat (20/12).

Dalam kunjungan tersebut, Menhan Prabowo dan Menhan Kono melakukan pertemuan bilateral yang membahas sejumlah isu pertahanan.

"Indonesia sangat berharap kerjasama pertahanan yang lebih riil di masa yang akan datang, karena Jepang adalah sahabat kuat dan penting bagi Indonesia selama ini," ujar Prabowo seperti dimuat situs Kemhan, Minggu (22/12).

Sementara itu, Menhan Kono mengungkapkan keinginannya untuk meningkatkan kerjasama pertahanan dengan negara-negara ASEAN, terutama Indonesia melalui latihan bersama dan lainnya di bidang pertahanan.

Dalam kesempatan tersebut, Menhan Kono mengundang perwira-perwira TNI untuk berpartisipasi dalam Seminar di JGSDF Northern Army dengan tentara Amerika Serikat pada Februari mendatang.

Selain itu, Menhan Kono juga mengapresiasi kepemimpinan Indonesia dalam memformulasikan pandangan ASEAN dalam konsep Indo Pasifik. Di mana konsep tersebut dapat memungkinkan Jepang untuk melakukan sinergitas dengan ASEAN.

Sebagai sesama negara maritim, Jepang juga mengaku mengerti bahwa Indonesia berusaha untuk memperkuat pertahanan pulau-pulau terluar seperti di Natuna. Dan sebagai sesama negara yang kerap kali dihantam bencana alam, Indonesia dan Jepang siap untuk melakukan kerja sama melalui berbagai program disaster response.

Dalam kunjungan tersebut, Prabowo juga berkesempatan untuk meninjau patung Jenderal Sudirman yang berada di halaman kantor Kemhan Jepang. Patung tersebut merupakan simbol kedekatan hubungan Indonesia dan Jepang. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA