Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Bukan Soal Umur, Penunjukan Zulkifli Zaini Sebagai Dirut PLN Karena Punya Kompetensi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/idham-anhari-1'>IDHAM ANHARI</a>
LAPORAN: IDHAM ANHARI
  • Senin, 23 Desember 2019, 22:17 WIB
Bukan Soal Umur, Penunjukan Zulkifli Zaini Sebagai Dirut PLN Karena Punya Kompetensi
Zulkifli Zaini/Net
rmol news logo Pengamat BUMN Rudi Rusli berpendapat, ditunjuknya Zulkifli Zaini sebagai Direktur Utama PLN merupakan amanah yang harus dijalankan sepenuhnya.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

“Artinya dari Menteri BUMN dia (Zulkifli) sudah dipercayakan (mampu),” kata Rudi saat dihubungi, Senin (23/12).

Mantan Humas Kementerian BUMN ini tak sependapat bahwa batasan umur Zulkifli yang sudah mencapai 63 tahun dianggap ganjalan kinerjanya dalam memimpin perusahaan setrum negara itu.

“Lihat saja, kapten-kapten kapal besar itu rata-rata tua-tua, tapi karena dipandang masih mampu dan berpengalaman juga punya kompetensi,” kata Rudi mengibaratkan kalau kompetensi tak bisa diukur dengan umur.

Sementara itu, Ketua Federasi Serikat Pekerja (FSP) BUMN Arief Poyuono menyampaikan, penunjukan Zulkifli yang telah melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) itu dinilai tepat.

Pasalnya, sambung Arief, Zulkifli mantan bankir yang memang tidak diragukan untuk menempati jabatan orang nomor satu di PLN.

“Dimana untuk menunjang pencarian dana bagi pembangunan pembangkit listrik program 35 Megawatt dan penjadwalan hutang di PLN yang akan jatuh tempo dan terancam default maka dibutuh seorang bankir yang bertangan dingin seperti Zulkifli Zaini,” ujarnya.

Soal umur Zulkifli yang mencapai 63 tahun, menurut Arief justru menunjukan sosok yang kaya akan pengalaman. Lantaran PLN saat ini memang butuh seorang nahkoda yang bisa menjadikan PLN sebagai BUMN yang bisa memberikan pelayanan yang lebih handal dan murah bagi masyarakat serta mendukung minat investasi di Indonesia.

“Justru banyak CEO didunia yang bertangan dingin dalam memimpin korporasi diusia diatas 55 tahun,” pungkasnya.
Menteri BUMN Erick Thohir, Senin (23/12) melalui Rapat Umum Pemegang Saham luar biasa (RIPSLB) telah menetapkan Zulkifli Zaini sebagai Direktur Utama PT PLN (Persero) menggantikan Plt Direktur Utama PLN Sripeni Inten Cahyani.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA