Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jadi Tokoh Adat, Fachrul Razi Puji Kerukunan Alor

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Minggu, 29 Desember 2019, 11:16 WIB
Jadi Tokoh Adat, Fachrul Razi Puji Kerukunan Alor
Menag Fachrul Razi (kedua kanan)/Ist
rmol news logo Menteri Agama Fachrul Razi mendapatkan kehormatan dan dinobatkan sebagai tokoh adat masyarakat Alor di Jakarta.

Sabtu (28/12), prosesi penobatan gelar adat ini dilaksanakan di sela-sela perayaan Natal Oukumene dengan tema "Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua Orang" di Tingkat Kabupaten Alor di Perjuangan Convention Hall.

Penobatan gelar sendiri ditandai dengan pemasangan pakaian adat NTT kepada Fachrul oleh Bupati Alor, Amon Djobo yang kemudian dilanjutkan dengan menabuh gendang kecil yang disebut dengan Tifa oleh keduanya.

"Mulai sekarang, saya sudah resmi menjadi tokoh adat atau orang tua masyarakat Alor di Jakarta," ujar Menag kabinet Indonesia Maju tersebut dalam prosesi yang juga disaksikan oleh Dirjen Bimas Kristen Thomas Pentury, Kepala Kanwil Kemenag NTT Sarman Marselinus, Kepala Kankemenag Alor Muhammad Marhaban, dan Sesmen Khoirul Huda Basyir.

Hadir juga Ketua DPRD Alor dan jajaran, perwakilan Pemprov NTT, para tokoh agama dan tokoh masyarakat/adat se-Kabupaten Alor.

Fachrul kemudian mengungkapkan rasa syukurnya karena mendapat gelar kehormatan dari Alor. Di mana Alor adalah daerah dengan indeks kerukunan umat beragama tertinggi di Indonesia. Hal yang menurutnya menjadi kunci majunya sebuah daerah. 
 
"Tanpa rukun dan damai mustahil sebuah pembangunan dapat melaju di daerah seiring dengan meningkatnya kesejahteraan masyarakatnya," lanjutnya.

Kabupaten Alor memang terkenal dengan masyarakatnya yang rukun dan damai. Masyarakat Alor mayoritas beragama Kristen dan Islam, sebagian kecil lainnya Hindu dan Buddha.

Tercatat sudah dua Menteri Agama berkunjung ke Kabupaten Alor dan menyapa masyarakatnya, yaitu Menag Lukman Hakim Saifuddin pada 2016 dan Menag Fachrul Razi pada tahun ini. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA