Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Diawali Subuh Berjamaah, Ketua DPD RI Bertemu Sejumlah Tokoh Aceh

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ruslan-tambak-1'>RUSLAN TAMBAK</a>
LAPORAN: RUSLAN TAMBAK
  • Jumat, 03 Januari 2020, 13:24 WIB
Diawali Subuh Berjamaah, Ketua DPD RI Bertemu Sejumlah Tokoh Aceh
Ketua DPD RI, LaNyala Mattalitti, saat bertemu sejumlah tokoh Aceh, Jumat pagi (3/1)/RMOL
rmol news logo Hari kedua kunjungan di Aceh, Jumat (3/1), Ketua DPD RI AA LaNyalla Mahmud Mattalitti melaksanakan beragam acara. Dari mulai ziarah hingga menjadi saksi pernikahan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

LaNyalla mengawali kegiatannya hari ini di Tanah Rencong dengan shalat Subuh berjamaah di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh.

LaNyalla yang ditemani Senator asal Aceh Abdulah Puteh dan Muhammad Fadhil Rahmi serta Senator asal Lampung Bustami Zainudin dan Ahmad Bastian, tiba di masjid termegah di Banda Aceh itu sekitar pukul 04.45 WIB. Rombongan diterima langsung oleh Imam Besar Tgk H Azman Ismail.

Usai melaksanakan ibadah shalat Subuh berjamaah, LaNyalla langsung bertolak ke makam ulama besar Aceh, Syeikh Abdurrauf bin Ali Alfansuri atau dikenal dengan nama Syiah Kuala, di kawasan Gampong Dayah Raya, Banda Aceh.

Untuk diketahui, Syiah Kuala lahir pada 1591 atau 1001 Hijriyah, dan wafat pada 1696 atau 1106 Hijriyah. Almarhum dikenal menjabat sebagai Kadhi Malikul Adil pada masa Kerajaan Aceh Darussalam, masa pemerintahan para Ratu.

Menariknya, salah satu penjaga makam itu, Abdul Wahid (65) merupakan korban tsunami yang selamat. Abdul Wahid sempat terseret arus sejauh 2 kilometer dari tempat tinggalnya yang tak jauh dari komplek pemakaman di tepi pantai tersebut. Komplek pemakaman itu juga tak mengalami kerusakan yang berarti ketika bencana dashyat itu terjadi.

“Ya saya dulu terseret ombak sampai dua kilometer, tapi Allah masih berkehendak saya hidup,” tutur Wahid, usai memimpin ziarah rombongan Ketua DPD RI.

Usai berziarah, sekitar pukul 07.45 WIB LaNyalla menghadiri undangan jamuan makan pagi di kediaman tokoh Aceh yang juga mantan pimpinan DPR Aceh, H Sulaeman Abda, di Rumoh Aceh Tibang.

Dalam jamuan ini, tampak hadir sejumlah tokoh multilatar, mulai dari politisi hingga akademisi dan ulama. Dalam kesempatan tersebut, LaNyalla menyampaikan bahwa kehadirannya ke Aceh adalah untuk melihat dan mendengar secara langsung aspirasi masyarakat dan pemerintah Aceh.

Selepas jamuan, menjelang shalat Jumat, LaNyalla beserta rombongan menyempatkan diri mampir ke Masjid Syuhada, Lam Gugob, Banda Aceh. LaNyalla memenuhi undangan pernikahan putri sahabatnya, yang juga tokoh masyarakat Aceh, H Firmandez.

Bahkan, LaNyalla bersama Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah menjadi saksi di akad nikah tersebut. Acara pernikahan putri H Firmandez ditutup oleh doa dari Senator asal Aceh, Muhammad Fadhil Rahmi, yang secara khusus diminta oleh tuan rumah. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA