Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Soal Natuna, Andi Arief Sindir Sikap Indonesia Yang Berbeda Dengan Vietnam

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Sabtu, 04 Januari 2020, 12:53 WIB
Soal Natuna, Andi Arief Sindir Sikap Indonesia Yang Berbeda Dengan Vietnam
Andi Arief/Net
rmol news logo Klaim Pemerintah Komunis China soal wilayah Natuna mengusik rasa nasionalisme. Karena, menggunakan kapal coast guard milik mereka, China justru mengusir kapal nelayan Indonesia yang mencari ikan di Natuna.

Ini jelas menjadi sebuah ironi. Karena Indonesia pernah sangat aktif mendamaikan konflik di Laut China Selatan, antara China dengan Vietnam. Upaya ini pernah dilakukan Indonesia di masa pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono.

Politikus Partai Demokrat, Andi Arief, mengenang kembali kejadian saat Vietnam mengalami konflik dengan China. Saat itu, rakyat Vietnam melakukan aksi unjuk rasa atas sikap agresif China.

"Waktu kapal China sengaja menabrak dan menembakkan meriam air ke kapal Vietnam, ribuan warga Vietnam turun ke jalan ibukota Hanoi, mengecam tindakan itu. Indonesia aktif mendamaikan," ucap Andi Arief melalui akun Twitter pribadinya, Sabtu (4/1).

Ironinya, China seolah lupa dengan peran Indonesia dalam mendamaikan konflik mereka dengan Vietnam. Karena mereka dengan arogan menggunakan perairan Natuna sebagai tempat mencari ikan.

"Sekarang China malah berani menodai negara yang aktif mendamaikan," tandas Andi Arief. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA