Banjir Ungkap Besaran Gaji Jubir Presiden Yang Cuma Rp 2 Juta

Selasa, 07 Januari 2020, 08:42 WIB
Laporan: Widian Vebriyanto

Dokumen milik Adhie Massardi/Net

Banjir yang melanda daerah Jabodetabek di pembuka tahun 2020 turut membawa cerita tersendiri bagi para korban. Mulai dari cerita mengharukan hingga yang membuat bibir melebar tersenyum.

Salah satunya cerita banjir yang merendam kediaman mantan Jurubicara Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, Adhie Massardi.

Rumahnya turut terendam banjir. Setidaknya itu tampak dari unggahan di akun Twitter pribadinya pada Minggu (5/1) lalu. Foto yang diunggah menampakkan sejumlah dokumen yang terselamatkan dari banjir.

Menariknya, ada kenangan tersendiri bagi Adhie mengenai dokumen yang terselamatkan tersebut. Terselip dokumen gaji dan beberapa tunjangan saat dirinya menjabat jubir Gus Dur.

“Banjir rendam dokumen nggak penting era jubir. THR Rp 750 ribu, gaji Rp 2 juta (plus tunjangan keluarga Gus Dur-Mbak Lisa Rp 4 juta),” ujar Koordinator Gerakan Indonesia Bersih (GIB) itu menguraikan.

Meski bergaji kecil, Adhie memastikan bahwa dirinya saat itu terbilang berhasil meredam opini dari parlemen yang memiliki gaji hingga ratusan juta rupiah.

Terlepas dari itu, ada juga dokumen penarikan mobil dinasnya sebagai jubir, tak lama berselang setelah Gus Dur dilengserkan.

“Gus Dur disikat tanggal 23 Juli, (tanggal) 26 Juli 2001 mereka ambil mobil dinas Jubir, Toyota Kijang,” pungkasnya.

Kolom Komentar


Video

NOORCA M. MASSARDI: Ketika Harta | Puisi Hari Ini

Senin, 10 Februari 2020
Video

[FULL] | Singgung Film Avengers: Endgame, Pidato Jokowi di Parlemen Australia

Senin, 10 Februari 2020
Video

30 Tahun MURI, Bakti Sosial ke Kampung Sumur

Selasa, 11 Februari 2020