Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Fachri Ali: Terpilihnya Maruf Amin Jadi Wapres Momentum Kebangkitan Ekonomi Umat Islam

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Selasa, 07 Januari 2020, 20:14 WIB
Fachri Ali: Terpilihnya Maruf Amin Jadi Wapres Momentum Kebangkitan Ekonomi Umat Islam
FGD MUI sebagai pra kongres KUII/Ist
RMOL. Umat Islam diharapkan memanfaatkan momentum kebangkitan untuk terlibat langsung dalam pembangunan ekonomi atas terpilihnya Ketua Umum Majelis Ulama Indoensia (MUI), Maruf Amin sebagai Wakil Presidein RI.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Demikian disampaikan Prof Fachri Ali saat menjadi narasumber dalam rangkaian diskusi  pra Kongres  Umat Islam Indonsia (KUII) dengan tema "Arah baru politik umat Islam Indonesia".   

"Umat Islam dalam kontek sejarah belum pernah terlibat langsung dalam basis ekonomi yang difasilitasi oleh negara. Sehingga momen Kiai Ma'ruf harus jadi pilar menyuarakan kepentingan umat Islam," kata Fachry Ali di Gedung MUI, Jalan Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (7/1).

Lebih lanjut, Fachri menjelaskan dalam sejarah politik umat Islam di Indonesia 2 ormas terbesar se[erti Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah sudah pernah melahirkan sebuha gerakan politik besar. NU melahirkan Partai Kebangkitan Bangs (PKB) dan Muhammadiyah telah melahirkan Partai Amanat Nasional (PAN).

Namun demikian, Fachri menilai, dalam aspek ekonomi umat Islam Indonesia belum menunjukkan kemerdekaan secara substansial.

"Dalam aspek politik umat Islam baru mengalami kemerdekaannya paska reformasi, NU mendirikan PKB dan Muhammadiyah mendirikan PAN. Namun dalam aspek ekonomi masih belum merdeka secara substansial," tandas Fachri Ali.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) akan mengadakan Kongres Umat Islam Indonesia (KUII) pada bulan Februari di Bangka Belitung.  

Saat ini panitia rutin mengadakan rangkaian pra kongres dengan melibatkan berbagai pakar sebelum nantinya melaksanakan KUII.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA