Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pakai Logika Pebisnis, Said Didu Paparkan Tiga Alasan Jiwasraya Dirampok

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 08 Januari 2020, 04:16 WIB
Pakai Logika Pebisnis, Said Didu Paparkan Tiga Alasan Jiwasraya Dirampok
Mantan Sekretaris Kementerian BUMN, Said Didu/RMOL
rmol news logo Mantan Sekretaris Kementerian BUMN, Said Didu menegaskan kasus gagal bayar polis yang dialami perusahaan Asuransi Jiwasraya terjadi karena adanya praktik perampokan.

"Apakah ada perampokan? Hipotesa saya ada karena produk yang sama yang dipasarkan lembaga lain itu tidak mengalami krisis seperti Jiwasraya. Brati ini bukan risiko bisnis," kata Said Didu di acara ILC TVOne, Selasa malam (7/1).

Ia memaparkan, yang dimaksud risiko bisnis yakni ketika semua produk atau perusahaan yang menjalankan bisnis yang sama maka akan mengalami hal yang sama pula. Hal itulah yang bisa dikatakan sebagai risiko bisnis namun tak terjadi di kasus Jiwasraya.

"Jadi itu logika seorang pebisnis. Jadi kalau ada yang membantah tidak ada perampokan, itu agak susah menjelaskannya," sambungnya.

Hal kedua yang mendasari keyakinan adanya perampokan dalam kasus Jiwasraya yakni masalah Jiwasraya yang terhitung mendadak. "Ujug-ujug Jiwasraya sehat, (kemudian) tahu-tahu langsung sakit dan wafat. Ini bukan penurunan degradasi yang wajar," papar Said.

Hal ini diperkuat dengan tidak adanya krisis ekonomi yang terjadi di tahun 2014-2018 di mana tahun tersebut menjadi massa keterpurukan Jiwasraya. Tahun tersebut, bisnis asuransi di luar Jiwasraya berjalan aman dan lancar.

Poin ketiga yang mendasari adanya perampokan dalam kasus Jiwasraya yakni pola investasi yang dilakukan Jiwasraya. Menurutnya, publik sudah banyak mendeteksi cara investasi Jiwasraya salah.

"Tiga hal inilah yang meyakinkan saya adanya perampokan di Jiwasraya," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA