Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pesimisme Yang Ada Di Dunia Harus Diubah Jadi Optimisme

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/reni-erina-1'>RENI ERINA</a>
LAPORAN: RENI ERINA
  • Rabu, 08 Januari 2020, 18:58 WIB
Pesimisme Yang Ada Di Dunia Harus Diubah Jadi Optimisme
Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi/Net
rmol news logo Di tengah tantangan ekonomi global, Indonesia ingin berada di depan dalam upaya memajukan kolaborasi yang saling menguntungkan, berkeadilan, dan bukan zero sum.

Dengan pasar dan jumlah penduduk usia produktif yang besar, Indonesia akan mengapitalisasi aset tersebut untuk mengembangkan kerja sama ekonomi dengan negara lain yang saling menguntungkan.

Namun, penguatan diplomasi ekonomi Indonesia diperkirakan masih akan menghadapi sejumlah tantangan, seperti meningkatnya rivalitas dan persaingan, proteksionisme, dan populisme.

Demikian dikatakan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi saat menyampaikan pernyataan pers tahunan Menteri Luar Negeri (PPTM) 2020, di Jakarta, Rabu (8/1).

"Tren negatif ini harus ditransformasikan menjadi energi positif. Pesimisme yang ada di dunia harus diubah menjadi optimisme. Rivalitas penting untuk diubah menjadi kerja sama. Trust deficit harus diganti menjadi strategic trust," ungkap Retno.

"Indonesia konsisten menjalin kerja sama ekonomi seluas mungkin, berdasar azas saling menguntungkan. Saya ulangi sekali lagi, berdasar azas saling menguntungkan!" tegas Retno menambahkan. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA