Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Tangkap Tiga Kapal Asing Di Natuna, Edhy Prabowo Apresiasi Anak Buahnya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-alfian-1'>AHMAD ALFIAN</a>
LAPORAN: AHMAD ALFIAN
  • Kamis, 09 Januari 2020, 13:14 WIB
Tangkap Tiga Kapal Asing Di Natuna, Edhy Prabowo Apresiasi Anak Buahnya
Edhy Prabowo/Net
rmol news logo Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melalui Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (Ditjen PSDKP) berhasil menangkap tiga kapal ikan asing berbendera Vietnam di Laut Natuna Utara, akhir tahun lalu.

Kapal-kapal Vietnam itu terdiri dari KG 95118 TS, ukuran 125 GT, jumlah awak kapal sebanyak 5 orang (WN Vietnam); KG 94629 TS, ukuran 98 GT, jumlah awak kapal sebanyak 18 0rang (WN Vietnam); dan KG 93255 TS, ukuran 98 GT, jumlah awak kapal sebanyak 13 orang (WN Vietnam)

Penangkapan dilakukan kapal pengawas milik KKP, yang terdiri dari KP. Orca 3, KP Hiu Macan 01 dan KP Hiu 011. Ditjen PSDKP-KKP juga telah berkoordinasi dengan TNI AL yang juga mengerahkan KRI Tjiptadi-381 dan KRI Teuku Umar-385 serta BAKAMLA yang mengirimkan KN. Tanjung Datu ke Laut Natuna Utara.

Menteri KKP Edhy Prabowo mengatakan, tiga kapal ikan berbendera Vietnam melakukan perlawanan sengit saat hendak ditangkap. Prosesnya pun sangat menegangkan.

Akibatnya Kapal Pengawas Perikanan yang melakukan penangkapan mengalami beberapa kerusakan bahkan Kapal Orca 03 kerusakannya cukup parah.

“Kita baru saja melihat keberanian adik-adik kita di tengah laut lakukan penangkapan illegal fishing. Di hadapan kita ada 3 kapten kapal yang pimpin penangkapan," kata Menteri Edhy dalam konferensi pers usai meninjau langsung tiga kapal ikan asing berbendera Vietnam di Stasiun PSDKP Pontianak, Kamis (9/1).

"Kepada saudara Samson, Mamruf dan Selamet, terima kasih. Sengaja saya hadirkan karena memang keberanian mereka ini langka,” katanya penuh rasa bangga.

Edhy juga menyampaikan apresiasi dan rasa bangga kepada aparat dari Ditjen PSDKP yang telah dengan sabar, sigap dan tegas, dalam menghadapi provokasi dan pelawanan dari kapal-kapal ikan asing berbendera Vietnam tersebut.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra ini mengatakan, keberhasilan itu tidak lepas dari dukungan dan kerjasama dari berbagai pihak.

"Yang paling jelas kami di lapangan bahu membahu dengan TNI AL, TNI AD, TNI AU, Pol Air, Bakamla yang memberikan info sejak tanggal 27 Desember. Memang para pencuri luar biasa. Tapi Alhamdulillah anggota kita selamat,” pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA