Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Anggota Bawaslu Bali Jadi Kandidat Kuat Pengganti Wahyu Setiawan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Jumat, 10 Januari 2020, 20:52 WIB
Anggota Bawaslu Bali Jadi Kandidat Kuat Pengganti Wahyu Setiawan
I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi/Net
rmol news logo Komisi Pemilihan Umum (KPU) segera memiliki komisioner baru. Komisioner itu merupakan pengganti Wahyu Setiawan yang mengundurkan diri setelah terkena operasi tangkap tangan (OTT) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Ketua KPU Arief Budiman mengurai bahwa sesuai mekanisme, pergantian Wahyu dilakukan dengan cara melihat hasil suara pemilihan anggota KPU di Komisi II DPR pada 2017 lalu.

Artinya, pengganti Wahyu adalah calon yang saat voting menempati urutan kedepalan, yaitu I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi yang memperoleh 21 suara.

“Dulu dia Ketua KPUD Provinsi Bali, sekarang dia anggota Bawaslu Provinsi Bali," kata Arief dalam konferensi pers di kantor KPU Pusat, Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat.

Berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku, Arief menyatakan tidak ada lagi fit and proper test untuk memilih pengganti Wahyu.

Sehingga, kemungkinan besar I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi, akan menggantikannya sebagai komisioner.

Namun demikian, Arief belum bisa memastikan waktu pergantian komisioner akan dilakukan. Sebab dia menyatakan, tidak ada batas waktu untuk menetapkan hal tersebut.

"Iya memang tidak diatur batas waktunya. Jadi kami serahkan sepenuhnya kepada bapak presiden," presiden. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA