Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Mirip Ucapan Jokowi, Gubernur Sumut Tegaskan Kembali Soal Sawit

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Minggu, 12 Januari 2020, 05:03 WIB
Mirip Ucapan Jokowi, Gubernur Sumut Tegaskan Kembali Soal Sawit
Gubernur Sumatra Utara, Edy Rahmayadi/istimewa
rmol news logo Tiga hari lalu, Presiden Joko Widodo memastikan, penolakan Uni Eropa terhadap sawit Indonesia akan dihadapi dengan tenang. Sebab, Indonesia bisa berdikari dalam pemanfaatan sawit.

“Uni Eropa mau banned (larang) sawit kita, ya kita tenang-tenang saja. Kita pakai sendiri saja, ngapain sih harus ekspor ke sana,” tegas Jokowi saat saat membuka rapat kerja kepala perwakilan Republik Indonesia Kementerian Luar Negeri di Istana Negara, Jakarta, Kamis (9/1).

Jokowi menekankan, CPO dan produk turunannya bisa dimanfaatkan di dalam negeri. Terutama saat ini ada program mandatori biodiesel sebagai bahan campuran BBM jenis solar. Indonesia sudah menerapkan program B30 per akhir Desember 2019.

Setelah Jokowi, soal sawit untuk kesejahteraan masyarakat juga menjadi topik yang disampaikan Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi. Hal ini diucapkan Edy saat menghadiri jamuan makan malam Gubernur Riau, Syamsuar, di Gedung Daerah Balai Serindit, Jalan Diponegoro, Pekanbaru, Riau, Jumat malam (10/1).

Dikabarkan Kantor Berita RMOLSumut, kegiatan ini serangkaian dengan Rapat Koordinasi (Rakor) Gubernur Penghasil Sawit yang digelar, Sabtu (11/1).

Edy menyampaikan, seluruh hasil bumi dan potensi wilayah, seperti kelapa sawit sejatinya dapat dimanfaatkan untuk menyejahterakan masyarakat. Karena itu Rakor yang digelar diharapkan mampu menghasilkan rencana aksi, yang dapat menyelesaikan berbagai persoalan yang selama ini belum tuntas.

“Apa yang mau kita buat setelah kita berkumpul ini? Saya ingin semuanya tuntas, yang pasti kita akan membentuk tim, hasil bumi dan potensi wilayah daerah masing-masing harus dimanfaatkan untuk menyejahterakan masyarakat,” ucap Edy Rahmayadi.

Jamuan ini juga dihadiri oleh sejumlah pimpinan dari provinsi lain. Seperti Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah, Gubernur Kalimantan Timur Isran Noor, Wakil Gubernur Kalbar Ria Norsan, Wakil Gubernur Kalteng Habib Said Ismail, dan Wakil Gubernur Kepualauan Bangka Belitung Abdul Fatah. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA