Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pertarungan Ideologi, Penyebab Pecahnya PKS

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Selasa, 14 Januari 2020, 09:17 WIB
Pertarungan Ideologi, Penyebab Pecahnya PKS
Shohibul Anshor Siregar/RMOLSumut
rmol news logo Kehadiran Partai Gelora Indonesia yang merupakan pecahan dari Partai Keadilan Sosial (PKS) dianggap bukan lagi dianggap sebagai sebuah anomali politik di republik ini. Sebab, sejak reformasi, hal tersebut biasa terjadi seusai Pemilu.

Menurut Pengamat Sosial dan Politik dari Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU), Shohibul Anshor Siregar, pecahnya PKS lebih disebabkan pertarungan ideologi.

“Ini tarung gagasan, daripada banyak korban, mereka lebih baik cari jalan lain untuk mengalahkan PKS,” kata Shohibul, Senin (13/1), dikutip Kantor Berita RMOLSumut.

Dijelaskan Shohibul, perpecahan di tubuh PKS ini tak seperti Golkar. Selain itu, sosok Fahri Hamzah juga dinilai menjadi daya tarik bagi banyak kader PKS untuk menyebrang ke Partai Gelora.

“Ini berbeda dengan Golkar, karena ini lebih ideologis. Maka, dengan tawaran ideologis yang dibuat oleh Fahri, banyak orang ikut dengan dia. Fahri ini patron. Gagasannya membuat dia jadi Solidarity Maker untuk orang-orang,” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA