Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pengamat: Ucapan Jokowi Semacam Vitamin Untuk Sandiaga Di 2024

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Rabu, 15 Januari 2020, 18:02 WIB
Pengamat: Ucapan Jokowi Semacam Vitamin Untuk Sandiaga Di 2024
Presiden Joko Widodo/Net
rmol news logo Pernyataan mengejutkan keluar dari mulut Presiden Joko Widodo yang mengisyaratkan sosok Sandiaga Uno sebagai penggantinya di 2024 mendatang.

Dilihat dari kacamata politik, isyarat yang disampaikan Jokowi dalam acara pelantikan pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) periode 2019-2022 di Hotel Raffles, Jakarta itu bisa dimaknai sebagai bentuk dukungan kepada Wakil Ketua Dewan Pembina Gerindra untuk maju di Pilpres 2024 mendatang.

"Ucapan itu bisa jadi semacam vitamin bagi Uno (Sandiaga) untuk melangkah 2024 nanti," kata pengamat politik Maksimus Ramses Lalongkoe kepada Kantor Berita Politi RMOL, Rabu (15/1).

Berlatar belakang seorang tokoh muda dan pengusaha, Sandiaga juga diyakini memiliki potensi besar ke depannya.

"Tinggal bagaimana dia (Sandiaga) meramunya menjadi kekuatan politik," sambungnya.

Di sisi lain, gaya bicara Jokowi yang disampaikan dalam pidato sambutan acara HIPMI itu menegaskan bahwa posisi mantan Gubernur DKI Jakarta itu sudah tak memiliki beban politik ke depan.

"Jokowi sekarang tidak punya beban, dia bisa bicara lebih universal terkait politik 2024. Pernyataan itu juga bisa jadi sebagai bagian bahasa politik juga agar bisa mendukung programnya ke depan," tandasnya.

Dalam kesempatan sebelumnya, Jokowi bicara soal kandidat Capres 2024 di hadapan kader HIPMI. Meski tak menyebut nama, namun isyarat tersebut ditujukan kuat kepada Sandiaga.

"Yang hadir di sini adalah kandidat yang kemungkinan besar akan menggantikan saya, dan saya meyakini itu. Tapi saya tidak menyebutkan orangnya siapa. Hanya tadi yang baru saja berdiri tadi (Sandiaga) kira-kira," ujar Jokowi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA