Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jaga Perairan Indonesia, Prabowo Dorong Keamanan Laut Satu Komando

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/sarah-meiliana-gunawan-1'>SARAH MEILIANA GUNAWAN</a>
LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Kamis, 16 Januari 2020, 16:43 WIB
Jaga Perairan Indonesia, Prabowo Dorong Keamanan Laut Satu Komando
Ilustrasi/Net
rmol news logo Masuknya kapal-kapal asing, terutama China ke Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Indonesia di Laut Natuna Utara secara tidak langsung menunjukkan bagaimana kapasitas dan kapabilitas dari pengawasan laut di Indonesia.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Untuk mencegah persoalan serupa terjadi, Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto melalui jurubicaranya, Dahnil Anzar Simanjuntak akan mendorong penguatan Badan Keamanan Laut (Bakamla) guna menjadi one command in the sea.

"Kita kan ingin dorong supaya one command in the sea, supaya satu komando di laut. Dalam hal ini yang didorong ya coast guard. Coast guard kita itu kan Bakamla," kata Dahnil kepada wartawan di kantor Kementerian Pertahanan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Kamis (16/1).

Salah satu langkah penguatan Bakamla yang telah dilakukan Prabowo yakni mendorong percepatan alokasi anggaran kapal-kapal untuk Bakamla. Dalam operasinya nanti, Bakamla akan menangani persoalan pencurian ikan dan hal lainnya yang menyankut pelangaran hak berdaulat.

Sementara untuk menangani pelanggaran kedaulatan akan dilakukan oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI), khususnya Angkatan Laut jika memang pelanggaran tersebut terjadi di laut.

"Jadi itu langkah yang bisa dilakukan oleh Pak Prabowo selain terus mendorong agar one command di laut itu loh," jelasnya lagi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA