Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pengamat: Mulfachri Belum Punya Popularitas, Kalaupun Terpilih Hanya Akan Jadi 'Wayang' Amien Rais

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Jumat, 17 Januari 2020, 05:43 WIB
Pengamat: Mulfachri Belum Punya Popularitas, Kalaupun Terpilih Hanya Akan Jadi 'Wayang' Amien Rais
Dukungan terbuka Amien Rais kepada Mulfachry-Hanafi Rais/Net
rmol news logo Dinamika Jelang Kongres V PAN yang akan dilangsungkan selambat-lambatnya bulan Maret 2020 disebut paling memprihatinkan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Diketahui ketegangan friksi politik antara dua tokoh penting PAN adalah petahan Ketua Umum Zulkifli Hasan dan juga sang pendiri Amien Rais yang notabene memiliki hubungan kekerabatan dekat yakni sebagai besan.

Direktur Paramadina Public Policy Institute, Ahmad Khoirul Umam menyebutkan Kongres kali ini menjadi ujian bagi soliditas kepemimpinan Zulkifli Hasan, apakah memang mengakar atau bahkan justru keropos.

“PAN harus keluar dari bayang-bayang Amien Rais” telah digaungkan, tapi efektivitas narasi itu masih perlu dipertanyakan," demikian kata Umam kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (17/1).

Umam menjelaskan, PAN merupakan partai tradisional yang memiliki basis pemilih loyal yang didominasi Msulim yang berafiliasi ke Organisasi masyarakat (Ormas) Muhammadiyah.

Salah satu variabel penting dari ketradisionalan PAN, kata Umam adalah ketergantungan yang sangat besar terhadap figur Amien Rais.  

Kata Umam, sejarah telah membuktikan bahwa siapa yang berhadapa-hadapan dengan Amien Rais saat merebut kursi Ketua umum pasti akan kalah.

"Dalam sejarah PAN, semua pihak yang berhadapan dengan Amien Rais dalam memperebutkan posisi puncak kepemimpinan PAN, hampir pasti selalu kalah. Karena itu, jika Zulhas menang, itu akan menjadi sejarah baru bagi tradisi kepemimpinan di internal PAN.

Umam melihat, dukungan terbuka Amien Rais kepada paket calon Ketua Umum-Sekjen, Mulfachri-Hanafi Rais hingga saat ini nampak belum memiliki tingkat popularitas yang memadai di mata publik.

Umam memprediksi, apabila Mulfachry-Hanafi bisa memenangkan Kongres V PAN, bukan tidak mungkin mereka hanya akan menjadi "wayang" politik Amien Rais.  

"Tingginya ketergantungan PAN terhadap figur Amien Rais mengindikasikan bahwa PAN membutuhkan figur sentral yang berpengaruh. Jadi kalaupun nanti mereka (Mulfachry Harahap-Hanafi Rais) terpilih, mereka tak ubahnya wayang yang dimainkan dalang atau mentornya, Amien Rais," pungkas Umam.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA