Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Jelang Kongres PAN, Adi Prayitno: Ada Upaya Dompleng Amien Rais Untuk Tantang Zulhas

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-kiflan-wakik-1'>AHMAD KIFLAN WAKIK</a>
LAPORAN: AHMAD KIFLAN WAKIK
  • Sabtu, 18 Januari 2020, 19:41 WIB
Jelang Kongres PAN, Adi Prayitno: Ada Upaya Dompleng Amien Rais Untuk Tantang Zulhas
Amien Rais dan Zulkifli Hasan/Net
rmol news logo Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan masih menjadi calon terkuat dalam peta calon ketua umum PAN jelang Kongres tahun ini.

Direktur Eksekutif Parameter Indonesia, Adi Prayitno menyebutkan, belakangan muncul calon ketua umum lainnya yang ingin melawan Zulkifli dengan membawa dukungan salah satu pendiri PAN, Amien Rais.

"Sepertinya ada yang mau mendompleng nama besar Amien Rais untuk melawan Zulhas, sang petahana yang sejauh ini cukup kuat didukung DPW dan DPD," ujar Adi Prayitno kepada wartawan, Sabtu (18/1).

Adi mengingatkan, sosok Amien Rais adalah senior partai yang harus dihormati. Sehingga tidak tepat jika Amien dihadap-hadapkan dengan Zulkifli Hasan jelang Kongres PAN.

"Amien Rais harus diposisikan sebagai tokoh yang mengayomi semua kandidat," kata akademisi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta ini.

Pada kongres PAN santer disebutkan tiga nama yang bakal maju sebagai bakal calon ketua umum PAN yakni petahana Zulkifli Hasan, mantan ketua fraksi PAN di DPR RI Mulfachri Harahap dan Asman Abnur, mantan menteri Pemberdayaan Aparatur Negara,

"Ketiganya itu merupakan kader terbaik PAN, kader terbaik Amien Rais pula," jelasnya.

Dikatakan Adi, Amien Rais harus diposisikan sebagai 'pelatih' bagi siapapun kader PAN yang akan maju nantinya.

Terkait mengenai kepemimpinan Zulkifli Hasan di PAN pada periode sebelumnya,  Adi menilai relatif stabil jika dibandingkan pada periode pemilu sebelumnya.

Berdasarkan data, kata dia, perolehan suara PAN naik walaupun presentasi kursinya sedikit turun akibat metode konversi suara yang digunakan pada pemilu legislatif 2019.

Selain itu pada level tingkat DPRD, PAN banyak mendapat kursi. Di Jakarta misalnya dapat 2 kursi, di Papua juga turut mendapat kursi.

"Bahkan Relatif sukses karena PAN tak turun dan mampu mendapatkan kursi di DPRD yang selama ini PAN tak ada wakilnya. Jadi tolak ukurnya harus komprehensif" demikian Adi. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA