Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

YLKI Harus Turun Tangan Atasi Kasus Ilham Bintang

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/jamaludin-akmal-1'>JAMALUDIN AKMAL</a>
LAPORAN: JAMALUDIN AKMAL
  • Senin, 20 Januari 2020, 13:16 WIB
YLKI Harus Turun Tangan Atasi Kasus Ilham Bintang
Dian Permata/Net
rmol news logo Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) diharapkan turun langsung mengatasi kasus pembobolan rekening bank yang diawali duplikasi SIM card yang dialami wartawan senior, Ilham Bintang.

Peneliti Founding Fathers House, Dian Permata menilai kasus duplikasi SIM Card bukanlah kasus yang sembarangan lantaran terkait kebocoran data pribadi yang tidak diantisipasi oleh provider.

"Harusnya industri bank atau industri provider ketika model duplikasi sudah terjadi harusnya dia kan pencegahannya harusnya lebih maju lagi. Harus mencegah maling dari segala pintu," ucap Dian Permata kepada Kantor Berita Politik RMOL, Senin (20/1).

Dian menilai pihak kepolisian akan sangat mudah menelusuri pelaku yang menduplikasi kartu provider milik Ilham dengan meminta keterangan outlet Indosat yang dijadikan pelaku mencetak ulang kartu provider Ilham.

"Kalau pihak kepolisian pasti ngelihatnya gini, kan udah register ulang, kan pasti kelihatan. Register ulang ini kan pasti ada di outlet mana, lalu sinyalnya aktif dimana saya rasa polisi bisa mengetahui kalau serius. Outlet kan sudah ada CCTV akan kelihatan, pasti ketahuan ke Polri udah canggih," kata Dian.

Dalam kasus ini, Dian menilai provider lalai. Seharusnya, jika ada seseorang yang ingin mencetak kartu provider baru, maka harus menunjukkan identitas diri sesuai dengan identitas yang teregistrasi di provider tersebut.

"Indosat belum aware soal jaminan perlindungan data pribadi. Harusnya kan diminta data pribadi disesuaikan, ini kan ceroboh, kalau ceroboh ini bisa dipidanakan,” tegasnya.

Dengan demikian, kata Dian, selain pihak kepolisian maupun pihak provider yang harus menelusuri kasus tersebut, YLKI juga harus ikut terlibat terhadap konsumen yang dirugikan dalam hal ini Ilham Bintang.

"Ya harus, harus turun tangan. Kan kita gak liat besaran uang. Kasus kaya gini kan misal hilang handphone atau SIM card rusak itu banyak dan kasus yang berulang. Kalau kasus berulang harus dipersiapkan," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA