Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kongres PAN, Pengamat: Ingat, Petahana Itu Biasanya Selalu Menang Mudah!

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 22 Januari 2020, 09:27 WIB
Kongres PAN, Pengamat: Ingat, Petahana Itu Biasanya Selalu Menang Mudah<i>!</i>
Zulkifli Hasan/Net
rmol news logo Petahana ketua umum menang tengah tren yang sedang menjamur di banyak partai politik yang ada di Indonesia saat ini. Bahkan, PAN disinyalir bakal mengikut tren serupa, mengingat Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan yang akan kembali berlaga di kongres.

Namun, Zulhas sapaan akrab Zulkifli Hasan, belum bisa tenang karena memiliki sejumlah penantang yang terbilang cukup kuat.

Sudah ada nama yang muncul dan siap bertarung di kongres. Mereka adalah Asman Abnur, Drajad Wibowo dan Mulfachri Harahap.

Pengamat politik dari Universitas Syarif Hidayatullah UIN Jakarta, Adi Prayitno memprediksi petahana Zulhas masih mendominasi dukungan dari 34 DPW.

"Kalau melihat kecenderungan yang berkembang di publik petahana cukup leading mendapat dukungan dari DPW dan DPD," ucap Adi saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (22/1).

Meski demikian, lanjut Adi, Zulhas juga tidak boleh menganggap enteng para penantang. Karena, sosok yang ada merupakan tokoh PAN yang terbilang senior.

"Ini tantangan bagi penantang, apakah bisa mempengaruhi DPW dan DPD yang memiliki hak suara atau tidak," ujar Adi.

Tapi, Adi melihat tampuk kepemimpinan PAN bakal kembali digenggam Zulhas ke depannya. Sebab, modal komunikasi dengan para kader di daerah dan juga modal financial sangat mendukung.

"Yang jelas, di mana-dimana petahana itu selalu menang mudah. Karena dia membangun pola komunikasi politik yang cukup lama, bukan hanya menjelang mau pemilihan saja," pungkasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA