Dimensy Mobile
Farah.ID
Dimensy
Farah.ID

Soal Impor Pesawat Prancis, Wamenhan: Lihat Belum Tentu Beli

LAPORAN: SARAH MEILIANA GUNAWAN
  • Rabu, 22 Januari 2020, 15:49 WIB
Soal Impor Pesawat Prancis, Wamenhan: Lihat Belum Tentu Beli
Wakil Menteri Pertahanan, Sakti Wahyu Trenggono/Net
Kunjungan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto ke Prancis beberapa waktu lalu telah menimbulkan rumor bahwa Indonesia akan membeli jet tempur dan kapal selam buatan negara Eropa Barat tersebut.

Dari informasi yang beredar, Prabowo disebut tertarik untuk membeli jet tempur Prancis bernama Dassault Rafale. Itu adalah pesawat tempur serbaguna bermesin dunia dari generasi 4.5.

Pesawat ini memiliki tiga versi. Ketiganya dilengkapi dengan mesin, sistem tempur, dan navigasi yang sama. Selain jet tempur, Prabowo juga disebut tertarik dengan kapal selam, Scorepene.

Ketika ditanya perihal rencana pembelian alutsista ini, Wakil Menteri Pertahanan, Sakti Wahyu Trenggono menuturkan bahwa saat ini Indonesia belum ada transaksi jual beli alutsista dari luar.

"Kalau ngelihat kan boleh, belum tentu beli," ujar Sakti kepada wartawan di kantor Kementerian Pertahanan, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Rabu (22/1).

Alih-alih menindaklanjuti rumor tersebut, Sakti justru menjelaskan saat ini Indonesia, khususnya Kemhan sedang berjuang untuk memperkuat industri pertahanan dalam negeri, baik dari BUMN maupun BUMS.

Dengan memperkuat industri pertahanan dalam negeri, Indonesia juga dapat memasarkan alutsista ke luar negeri. Contohnya saja Ghana dan Filipina yang diketahui telah memesan produk buatan PT Pindad. 
EDITOR:

ARTIKEL LAINNYA