Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pembobolan Rekening Ilham Bintang, Ombudsman Minta Permen Kominfo 12/2016 Diperketat

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/ahmad-satryo-1'>AHMAD SATRYO</a>
LAPORAN: AHMAD SATRYO
  • Rabu, 22 Januari 2020, 22:04 WIB
Pembobolan Rekening Ilham Bintang, Ombudsman Minta Permen Kominfo 12/2016 Diperketat
Anggota Ombudsman, Alvien Lie/RMOL
rmol news logo Ombudsman meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) perketat penerapan aturan usai pembobolan rekening bank wartawan senior Ilham Bintang lewat pencurian nomor kartu subscriber identity module (SIM) Indosat,

Aturan itu adalah Peraturan Menteri (Permen) Kominfo 12/2016 tentang Registrasi Pelanggan Jasa Komunikasi.

Anggota Ombudsman Alvin Lie menyebutkan, kasus Ilham Bintang menunjukan bahwa program perlindungan konsumen telepon seluler belum berjalan dengan baik.

"Saran untuk pemerintah, Menteri Kominfo (Rudiantara) tahun 2017 sudah pernah mengeluarkan peraturan menteri untuk registrasi kartu identitas pelanggan, tapi tidak pernah dijalankan dengan baik," ujar Alvin di Kantor Ombudsman, Jakarta Selatan, Rabu (22/1).

Selain itu, Alvin juga meminta kepada pemangku kepentingan terkait untuk melakukan pengawasan terhadap pelayanan seluler, khususnya terkait pengamanan data pengguna.

"Ini sangat penting, karena penyalahgunaan data atau identitas pengguna seluler hampir selalu kaitannya dengan pelanggaran hukum," jelasnya.

Lebih lanjut, Alvin menyebutkan sejumlah modus kejahatan yang menggunakan cara duplikasi data nomor telpon seluler.

"Misalnya saja untuk terorisme, termasuk untuk penipuan, pemerasan dan sebagainya, untuk mengakses data-data yang seharusnya tidak boleh diakses," kata dia.

"Dan mestinya ada tanggung jawab dari pemerintah dan penyedia layanan untuk meningkatkan sistem keamanan data pengguna telpon seluler ini," pungkas Alvin. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA