Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pengamat: Jangan Anggap Remeh, Amien Rais Masih Jadi Penentu

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/diki-trianto-1'>DIKI TRIANTO</a>
LAPORAN: DIKI TRIANTO
  • Kamis, 23 Januari 2020, 05:47 WIB
Pengamat: Jangan Anggap Remeh, Amien Rais Masih Jadi Penentu
Amien Rais/Net
rmol news logo Kursi Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) yang akan diperebutkan dalam Kongres Februari nanti masih terbuka bagi semua calon yang berkontestasi.

Diketahui, sejauh ini ada empat nama yang muncul, yakni petahana Zulkifli Hasan, Drajad Wibowo, Mulfachri Harahap, dan yang terbaru Asman Abnur untuk berebut kursi Ketum PAN.

Namun demikian, analis politik Pangi Syarwi Chaniago menilai kans penantang lebih berpeluang dibanding petahana Zulhas, sapaan Zulkifli Hasan.

"Baik Asman Abnur dan Mulfachri punya kans lebih besar terpilih ketimbang incumbent. Kita tahu, PAN ini partai yang enggak mau melanggengkan oligarki," kata Pangi kepada Kantor Berita Politik RMOL, Rabu (22/1).

Selain kebiasaan ketum satu periode, hal lain yang tak bisa dielakkan adalah kekuatan pendiri PAN, Amien Rais. Baginya, arah politik Amien masih sangat menentukan dalam pemilihan nakhoda partai berlambang matahari terbit ini.

Tangan dingin Amien, lanjutnya, masih ampuh untuk membuat pemilik suara, yakni DPW dan DPD mengikutinya meski belakangan timbul pro kontra agar tak ada intervensi dalam pemilihan ketum.

"Siapa yang didukung dan di belakang Amin Rais juga jangan dianggap remeh, peluangnya besar. Seperti yang sudah-sudah kan begitu. Meski pro kontra, ketua Umum PAN ada dalam saku beliau," tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA