Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Soal Kerajaan Sunda Empire, Nico Siahaan: Pasti Ada Aktor Intelektualnya

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/agus-dwi-1'>AGUS DWI</a>
LAPORAN: AGUS DWI
  • Kamis, 23 Januari 2020, 16:58 WIB
Soal Kerajaan Sunda Empire, Nico Siahaan: Pasti Ada Aktor Intelektualnya
Nico Siahaan/RMOLJabar
rmol news logo Kemunculan berbagai keraton dadakan memancing anggota DPR RI, Nico Siahaan, untuk angkat bicara. Nico pun mengaku, lebih tertarik untuk mendalami siapa aktor di balik munculnya kerajaan-kerajaan baru tersebut.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

“Saya lebih tertarik mencari siapa yang menggerakan. Karena melihat bajunya baru, bukan seragam lama, kaya baru dibuat,” ucap Nico, saat ditemui di GBI Stairway From Heaven, Bandung, Kamis (23/1).

“Jadi saya tidak ingin membahas ini karena tidak akademis, kecuali ada data-data empiris. Kita adu data dengan data. Apa yang sudah berlandaskan hukum yang sudah real mau diadu dengan khayalan juga ngebahasnya jadi bingung,” tambahnya, dikutip Kantor Berita RMOLJabar.

Nico pun menilai, ada yang ganjil dari kelompok tersebut. Hal itu terlihat dari atribut yang digunakan Sunda Empire yang terlihat seperti masih baru.

“Saya tertarik melihat baju seragam kok bagus banget ya, siapa yang biayain. Saya mau ngasih seragam organisasi saya aja bikin kaosnya mahal, ini bikin seragam lengkap dan baru. Dan melihat wajah orang-orangnya pun mereka tidak berbicara, mereka hanya sebagai boneka aja,” jelasnya.

“Jadi siapa yang mengumpulkan mereka itu lebih baik dicari dan lebih menarik untuk dicari tahu, siapa aktor intelektualnya dari pada bicara mengenai kerajaan yang gak ada,” sambungnya

Menurutnya, jika kelompok ini benar dipolitisir, maka harus dicari tahu apa motif di belakangnya.

“Ada aktor intelektual pasti, harus dicari tahu kenapa dan mau ngapain. Itu lebih menarik, karena Sunda Empire ini tidak ada sejarahnya,” tandasnya. rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA