Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Di Pertemuan Partai Sedunia, Cak Imin Tekankan Pentingnya Dialog Budaya Antar Negara

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/angga-ulung-tranggana-1'>ANGGA ULUNG TRANGGANA</a>
LAPORAN: ANGGA ULUNG TRANGGANA
  • Sabtu, 25 Januari 2020, 00:45 WIB
Di Pertemuan Partai Sedunia, Cak Imin Tekankan Pentingnya Dialog Budaya Antar Negara
Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar/Ist
rmol news logo Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa, Abdul Muhaimin Iskandar menekankan pentingnya mengelolan perbedaan dan dialog damai untuk mencegah terjadi konflik kekerasan antar negara.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Pernyataan itu disampaikan pria yang disapa Cak Imin itu saat menjadi keynote speaker dalam acara pertemuan partai politik seluruh dunia yang tergabung dalam Centris Democracy Internasional (CDI), Jumat (24/1).  

"Jika umat manusia tidak menemukan landasan bersama untuk mengelola perbedaannya melalui dialog damai, letusan konflik kekerasan tidak akan terhindarkan, seperti yang telah kita saksikan terjadi di seluruh dunia saat ini. Di manapun kita mengalihkan pandangan, kita melihat agama, termasuk Islam, diperalat sebagai senjata untuk melayani tujuan dan agenda duniawi. Ini merupakan ancaman luar biasa bagi kemanusiaan dan bagi peradaban secara keseluruhan," ujar Cak Imin di Hyat regency, Yogyakarta, Jumat (24/1).

Politisi yang saat ini punya sebutan Gus Muhaimin ini menilai, amarah dan kebencian bisa menyebar dengan cepat dan bisa mengguncang negara-negara dunia yang disebabkan adanya konflik nilai-nilai dan benturan budaya yang dipicu oleh globalisasi.

"Kita hidup di masa ketika batas-batas geografis dan jarak fisik tidak lagi menghalangi orang untuk saling bersinggungan kapan saja di seluruh dunia," ungkapnya.

Cak Imin menegaskan, pentingnya membangun dialog lintas agama, lintas negara dan kebudayan untuk menciptakan harmonisasi dan kedamaian dunia.

"Kita tidak dapat melanjutkan 'bisnis seperti biasa' dalam menghadapi ancaman eksistensial ini. Sebaliknya, kita harus mengesampingkan pertengkaran internasional dan partisan kita, dan bergabung bersama untuk menghadapi bahaya yang ada di depan kita," tukasnya.rmol news logo article

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA